Presdir Amman Mineral, Rahmat Makassau (tengah) bersama Rektor Universitas Mataram (Unram), Lalu Husni (kiri) dan Wakil Ketua Nexus3 Foundation Yuyun Ismawati, menunjukkan naskah MoU Tripartit di Mataram, NTB, ANT/Ahmad Subaidi..
Presdir Amman Mineral, Rahmat Makassau (tengah) bersama Rektor Universitas Mataram (Unram), Lalu Husni (kiri) dan Wakil Ketua Nexus3 Foundation Yuyun Ismawati, menunjukkan naskah MoU Tripartit di Mataram, NTB, ANT/Ahmad Subaidi..

Unram Beri Dukungan SDM untuk Pengawasan PETI di NTB

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 23 Mei 2019 20:13
Jakarta: Universitas Mataram (Unram) menandatangani nota kesepahaman dengan Amman Mineral Nusa Tenggara dan Nexus3 Foundation. Nota Kesepahaman ini berkaitan dengan pemantauan dan penanganan dampak lingkungan, kesehatan, sosial dan ekonomi di kawasan-kawasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Rektor Unram, Lalu Husni mengatakan, pihaknya bersama dengan PT Amman dan Nexus3 foundation akan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian di bidang lingkungan, kesehatan dan ekonomi. “Termasuk juga pemantauan Biomarker (urin, darah, rambut) beserta ethical clearance yang diperlukan serta pemantauan kasus-kasus keracunan merkuri di wilayah NTB,” kata Lalu, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Rachmat Makkasau mengatakan, penandatanganan MoU ini akan dilaksanakan dengan prinsip partisipatif, konstruktif, saling menghormati, berorientasi pada solusi yang berkelanjutan dengan mengedepankan semangat kekeluargaan. Kerja sama ini juga mengupayakan dan mendorong masyarakat, penambangan dan para tenaga kerja yang terkait dengan pengolahan atau ekstraksi emas, agar memiliki kesadaran akan hidup sehat dan bebas racun di titik-titik panas PETI di wilayah NTB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Adanya penandatangan nota kesepahaman ini untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas terkait penanganan dan pemantauan lingkungan, kesehatan, sosial dan ekonomi di komunitas masyarakat bagi para pemangku kepentingan yang terkait dengan PETI di wilayah NTB,” kata Rachmat.
 
Ia melanjutkan, peran PT Amman dalam kerja sama ini adalah mengupayakan dan membantu pengadaan sumber daya. Di mana SDM itu diperlukan untuk memampukan dan merealisasikan pelaksanaan Porgram Pemantauan dan Penanganan Dampak Lingkungan, Kesehatan, Sosial dan Ekonomi PETI di Kawasan NTB.
 
Selain menyediakan SDM yang memiliki keahlian, juga berkoordinasi dengan pihak-pihak relevan lainnya untuk mendukung penelitian dan pelaksanaan kegiatan program pemantauan dan penanganan. "Amman Mineral bersama UNRAM dan Nexus3 Foundation juga akan membantu pemerintah kabupaten dan provinsi NTB dalam menyusun Rencana Aksi Daerah untuk mendukung pengurangan dan penghapusan merkuri sesuai arahan pemerintah pusat,” ujar Rachmat.
 
Sama halnya dengan Nexus3, pihaknya akan menyediakan tenaga pendamping yang relevan dengan kegiatan dan program tersebut di wilayah NTB. “Selain itu kamu juga akan memfasilitasi kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat, terutama untuk pemuda dan perempuan dalam membangun kegiatan ekonomi alternatif dari kegiatan PETI,” tutur Wakil Ketua Nexus3 Foundation, Yuyun Ismawati.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif