Menag saat bertemu Forum Rektor PTKIN, Kemenag/Humas.
Menag saat bertemu Forum Rektor PTKIN, Kemenag/Humas.

PTKIN Diminta Siapkan Asrama Berbasis Pesantren

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 22 Mei 2019 20:25
Jakarta: Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada setiap Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk memfasilitasi pendidikan keagamaan bagi mahasiswanya. Salah satunya dengan mendirikan asrama berbasis pesantren (Ma'had).
 
“Karena mahasiswa yang diterima pada PTKIN tidak semuanya berasal dari pesantren. Ada juga dari sekolah umum,” kata Lukman dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Asrama berbasis pesantren penting dipersiapkan dengan kurikulum yang komprehensif. Sehingga pemahaman Islam kepada mahasiswa bisa terfasilitasi lewat asrama tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kontekstualisasi ayat-ayat Alquran perlu dimiliki mahasiswa. Sehingga tidak mudah menerjemahkan ayat Alquran begitu saja, karena punya makna yang beragam,” ujar Lukman.
 
Kurikulum pesantren diisi dengan isu-isu aktual klasik tetapi relevan dengan perkembangan zaman. Semisal relasi agama dan negara, atau Islam dan budaya.
 
“Pusat-pusat kajian keislaman harus diperhatikan. Saya ingin mengajak semua untuk membuat kurikulum yang sederhana untuk tujuan yang beragam,” paparnya.
 
Baca:Pendaftaran Ujian Masuk PTKIN Dibuka Hari Ini
 
Sementara itu, Lukman berharap para sivitas akademika PTKIN mampu menyuarakan konten-konten positif. Apalagi yang berkaitan dengan keberagaman agama di ruang publik.
 
“Kita harus memiliki rumusan terkait hal ini. PTKIN yang paling bertanggungjawab untuk memenuhi konten-konten positif di media sosial seiring perkembangan zaman,” pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif