Grand Opening Centrino UKDW.  Foto:  UKDW/Dok. Humas
Grand Opening Centrino UKDW. Foto: UKDW/Dok. Humas

UKDW Bangun Pusat Kewirausahaan Asia Tenggara

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 24 September 2019 12:00
Jakarta: Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Handong Global University, Korea Selatan dalam meresmikan Regional Center of Entrepreneurship in South East Asia.
 
Rektor UKDW, Henry Feriadi mengatakan, kantor pusat kewirausahaan regional Asia Tenggara ini tak terlepas dari keberadaan unit Centre of Entrepreneurship and Innovation (Centrino) sebagai embrio yang telah dibentuk sejak 2018. Centrino adalah suatu wadah untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi revolusi industri 4.0 dengan melakukan pendampingan inkubasi bisnis startup.
 
“Keberadaan unit ini semakin menguatkan visi UKDW menuju Entrepreneurial Research University (ERU) yang semakin melebarkan jejaringnya. Ditandai dengan penguatan kemitraan internasional, salah satunya mitra universitas dari Korea Selatan,” kata Henry dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Senin, 23 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terpilihnya UKDW sebagai regional center ini tidak terlepas dari keberadaannya sebagai salah satu kampus terkemuka di Yogyakarta. Karena DIY merupakan pusat dari aktivitas usaha kecil dan menengah (UMKM) yang memproduksi berbagai produk kerajinan tangan, perak, dan batik.
 
“Hal ini yang memberikan daya tarik kepada mitra-mitra dari Korea Selatan untuk memberikan pendampingan terhadap keberadaan UMKM,” ujarnya.
 
Selain itu, mitra dari Korea Selatan sekaligus ingin membagikan pengalaman kesuksesan menjadi negara industri melalui program pembangunan yang berbasis dari desa, yang dikenal dengan prinsip “Saemaul Undong”. Semangat inilah yang nantinya akan ditularkan kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di sekitar Yogyakarta.
 
“Ke depannya, diharapkan akan terjadi kolaborasi antara bisnis UMKM dengan startup teknologi informasi sehingga dapat memperluas jejaring pemasaran untuk ekspor ke luar negeri,” pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif