Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Dolaget, Saatnya Anak Melupakan Gadget

MetroTV • 21 Maret 2022 17:59
Demak: Demi menyatakan perang melawan gawai atau gadget, sebuah komunitas yang isinya para anak muda di Demak, Jawa Tengah, berinisiatif melakukan gerakan. Mereka berupaya membuat anak-anak melupakan gawai dengan cara yang unik dan menarik.
 
Komunitas ini bernama Dolanan Lali Gadget (Dolaget). Dalam bahasa Indonesia, dolanan lali gadget berarti 'permainan melupakan gawai'. Dolaget merupakan komunitas yang memperkenalkan dongeng sekaligus mengajak para siswa mengikuti permainan tradisional. 
 
"Dolaget merupakan upaya kami untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak. Kami mengisi aktivitas dengan dongeng serta acara drama teatrikal. Sekaligus, kita sisipkan permainan tradisional," kata Ketua Komunitas Dolaget, Rizky Iqra, dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Senin, 21 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka menggelar aksi mendongeng dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada 20 Maret 2022. Keprihatinan terhadap anak-anak yang lebih senang menyendiri dan bermain gawai mendorong komunitas Dolaget untuk mengadakan berbagai kegiatan bagi anak-anak. 
 
Kegiatan Dolaget disambut antusias oleh anak-anak yang datang. Mereka merasakan jika mendengarkan dongeng dan bermain permainan tradisional tak kalah menarik dengan bermain game di gadget.
 
"Asik bermain ini dibanding gadget karena bisa bermain dengan teman-teman dan mengingat permainan tradisional," ucap, Muhammad Nurwidi Hidayat, salah satu siswa.
 
Pengelola SD Nurul Huda Demak sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar komunitas Dolaget. 
 
"Luar biasa. Karena ini mengajarkan anak-anak kita untuk mendengarkan dongeng sekaligus bermain permainan tradisional. Di era digital ini permainan tradisional sudah mulai pudar," tutur Kepala SD Nurul Huda Demak, Siti Sholehah.
 
Komunitas Dolaget berharap anak-anak dapat benar-benar lali gadget atau melupakan gawai mereka. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif