"Tingkat trust di 2021 dalam indeks kepercayaan publik jadi 72 peren, ini modal besar media untuk mengubah opini publik," kata Usman dalam webinar Peran Media dalam Membentuk Opini Masyarakat, Kamis 13 Januari 2022.
Menurutnya, tingkat kepercayaan yang tinggi tersebut harus dimanfaatkan oleh media itu sendiri. Terlebih, saat ini tingkat kepercayaan kepada pemerintah sedang turun, kepercayaan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) stagnan, dan kepercayaan kepada dunia ekonomi bisnis juga menurun.
Baca: BRIN Beri Fasilitas Pendanaan Pengembangan Reagen untuk Tes Covid-19
"Ini modal besar media mengubah membentuk opini publik. Media massa punya peran mengubah opini publik," tutur dia.
Usman menekankan, media harus menjalankan fungsinya dengan baik. Antara lain, fungsi informasi, edukasi, hiburan, kontrol, serta ekonomi.
"Dalam hal ini media dalam tindakan membuat berita mampu mengkontruksikan realita itu sendiri," sebut dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News