Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. ANT/Wahyu Putro.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. ANT/Wahyu Putro.

Nadiem: Guru Jangan Menunggu Perintah

Pendidikan hari guru nasional
Antara, Muhammad Syahrul Ramadhan • 25 November 2019 08:42
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan pidato memperingati Hari Guru. Dia mengajak para guru untuk melakukan perubahan dimulai dari ruang kelas.
 
"Perubahan tidak dapat dimulai dari atas, semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambil langkah pertama," kata Nadiem seperti dikutip dari Antara, Senin, 25 November 2019.
 
Dalam pidatonya, Nadiem berpesan kepada guru agar membiasakan diskusi dengan murid. Bukan hanya mendengar, tapi memberikan kesempatan kepada murid untuk berbicara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guru juga diminta mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Nadiem melihat proyek itu bisa menggali bakat murid. Terutama mereka yang kurang percaya diri.
 
Dia optimis perubahan kecil ini akan membuat Indonesia bergerak maju. Selain arahan, Nadiem juga mengkritisi regulasi yang menaungi para pendidik.
 
Menurutnya, banyak beban administratif yang menyulitkan kinerja guru. Mereka sibuk dengan pekerjaan administratif tanpa manfaat yang jelas. Padahal mereka ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas.
 
"Lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan," kata Nadiem.
 
Untuk itu, Nadiem menegaskan tidak membuat janji-janji, melainkan akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Tanah Air.
 
Peringatan Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November. Peringatan Hari Guru itu bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
 

 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif