Robot Ashwincarra Universitas Gadjah Mada.  Foto:  UGM/Dok.Humas
Robot Ashwincarra Universitas Gadjah Mada. Foto: UGM/Dok.Humas

Robot Terbang UGM Sabet Juara 3 di Turki

Pendidikan prestasi mahasiswa Pendidikan Tinggi
Patricia Vicka • 23 September 2019 12:32
Yogyakarta:Robot Ashwincarra Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara 3 dalam internasional, Teknofest Fighter Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition. Kompetisi ini berlangsung pada 10-14 September 2019 di Istanbul, Turki.
 
Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM Suherman menjelaskan, Ashwincarra adalah robot terbang berbentuk pesawat UAV kategori fixed wing. "Robot ini dikonfigurasi secara detail dan dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence," jelasnya di Kampus UGM Yogyakarta, Sabtu 20 September 2019.
 
Robot ini merupakan karya tim Gadjah Mada Flying Object Research Center (Gamaforce). Suherman mengapresiasi prestasi tim Gamaforce dalam kompetisi UAV di Turki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim dapat berlaga dengan maksimal dan menyelesaikan berbagai tantangan yang diberikan . "Bahkan bisa meraih juara tiga yang mengharumkan nama UGM dan Indonesia di kancah dunia," kata dia.
 
Pihaknya bersyukur, karena capaian tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Tahun lalu UGM tidak masuk dalam tiga besar.
 
Pencapaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras tim mahasiswa dan dukungan dosen pembimbing serta fakultas dan universitas. Sebelum melaju dalam kompetisi di Turki, robot terbang Ashwincarra harus mengikuti seleksi bersama 280 tim negara lainnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif