"Di Kabupaten Dompu, kami mencoba untuk menerapkan metode ACM dalam upaya peningkatan literasi peserta didik," beber Sadik dalam webinar Meningkatkan Literasi pada Pendidikan Khusus dan Kesetaraan di YouTube Kemdikbud RI dikutip Jumat, 6 September 2024.
ACM merupakan metode pembelajaran membaca dengan menggunakan pendekatan teknik. Siswa belajar menggunakan teknik artikulasi untuk mempercepat kemampuan membaca dan memahaminya.
"Sehingga proses pembelajarannya dapat berlangsung secara efektif dan efesien. Ini yang kami harapkan sehingga langkah untuk peningkatan literasi peserta didik itu bisa berjalan dengan maksimal," jelas dia.
Dia menyebut metode ACM diadopsi dari Kurikulum Merdeka. Pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa.
"Jadi dalam materi-materi belajarnya itu juga mengacu kepada kebutuhan peserta didik," kata Sadik.
Sadik mengungkapkan dorongan menghadirkan ACM mengacu pada hasi Asesmen Nasional (AN) yang dijalani siswa. Menurutnya, kemampuan literasi masih menjadi pekerjaan rumah bagi satuan pendidikan di NTB.
"Sehingga kami berharap ini bisa digenjot nantinya oleh satuan pendidikan untuk peningkatan literasi," tutur dia.
Baca juga: Minat Baca di Indonesia Bisa Meningkat Berkat Aplikasi Digital Ini |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News