Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

PII Berharap Insinyur Jadi Penggerak Industri Masker

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 29 Oktober 2020 16:44
Jakarta: Presiden Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto berharap para insinyur mampu mendorong berdirinya industri masker. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah yang menggencarkan penggunaan masker di Tanah Air untuk mencegah penularan virus korona (covid-19).
 
“Insinyur, para teknisi, dan industri harus berkolaborasi mendorong gerakan pemerintah menghadapi pandemi. Salah satunya mengupayakan untuk mengeluarkan produk masker yang terstandar baik," ujar Heru dalam webinar Indonesian Embassy-London UK "What Engineers Can Do to Tackle Covid-19," Rabu 28 Oktober 2020.
 
Kolaborasi ini bukan hanya untuk membuat masker yang memiliki standar baik dengan kemampuan filterisasi 95 persen. Namun juga dapat diproduksi secara massal dan murah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya rasa ini juga akan menggerakkan bisnis kita secara global. Nantinya juga akan berkembang ke industri makanan, industri farmasi dan kesehatan. Ini jadi momentum awal kita untuk menghidupkan industri dalam negeri," lanjut dia.
 
Baca juga:Program Vaksinasi Jangan Buat Masyarakat Lengah Terapkan Protokol Kesehatan
 
Terlebih, kata Heru, saat ini, secara global kebutuhan masker juga meningkat. Bahkan, jika perlu para insinyur dan para teknisi diberikan pelatihan dalam menciptakan masker terstandarisasi itu.
 
"Jadi mungkin diperlukan juga teaching network agar tiap industri memiliki standar yang sama dalam membuat masker," sambung Heru.
 
Lebih lanjut, teaching network itu juga dapat menunjang transformasi digital di bidang industri. Sebab jika tidak sama-sama bergerak dalam transformasi digital, maka akan ada kesenjangan perkembangan dalam dunia industri.
 
"Harapannya kita dapat kolaborasi bersama, improvisasi bersama sejalan dengan perkembangan teknolgi dan mencukupi kebutuhan masyarakat," pungkas dia.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif