Peneliti Vaksin ITB, Ernawati Arifin (kanan). Foto:  Tangkapan layar Zoom
Peneliti Vaksin ITB, Ernawati Arifin (kanan). Foto: Tangkapan layar Zoom

Kisah 'Kartini' di Balik Tim Vaksin Merah Putih ITB

Pendidikan Pendidikan Tinggi vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 ITB
Ilham Pratama Putra • 21 April 2021 15:27
Jakarta:  Institut Teknologi Bandung (ITB) turut berpartisipasi dalam membuat vaksin Merah Putih. Dalam tim yang dimiliki ITB itu ternyata keberadaan dan peran peneliti perempuan tidak sedikit.
 
Peneliti Vaksin ITB, Ernawati Arifin mengatakan jika kesetaraan gender dalam tim sangat kuat. Tak ada diskriminasi dari pihak peneliti laki-laki.
 
"Kebetulan banyak peneliti perempuan. Dan di lingkungan kerja kami juga enggak terlalu terasa perbedaan antara laki dan perempuan," kata Ernawati dalam webinar Kartini-Kartini dalam Inovasi Indonesia, Rabu 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya hal itu patut disyukuri. Bagi Ernawati di sanalah kebangkitan semangat emansipasi yang dibawa pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini.
 
"Kalau saya pribadi mensyukuri kondisi ini karena kita punya banyak kesempatan sebagai perempuan untuk meng-explore lebih banyak lagi penelitian," terang dia.
 
Baca juga:  Hari Kartini, Ini 9 Rektor Perempuan di Indonesia
 
Sementara itu dari segi tantangan, pembuatan vaksin Merah Putih bagi dia hanya perihal waktu. Banyak pihak yang menekan agar vaksin segera didistribusi.
 
"Saya sering ditanya nih, kerja vaksin kapan beresnya. Nah untuk menjaga konsistensi itu sebenarnya menjadi tantangan tersendiri," jelas dia.
 
Namun dia berkomitmen untuk tetap fokus. Tantangan tersebut dijadikannya motivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaannya sebagai peneliti.
 
"Kita tetap fokus mencari cara mengatasi tantangan ini. Mungkin dengan melihat role model yang lain-lain," tutupnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif