Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Perkuat 'Kampus Merdeka' Lima Permendikbud Baru Diterbitkan

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Kampus Merdeka
Ilham Pratama Putra • 06 Februari 2020 19:51
Jakarta: Regulasi "Kampus Merdeka" akhirnya memiliki payung hukum dalam bentuk Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). Total ada lima Permendikbud baru yang dikeluarkan untuk memperkuat tiap poin gagasan Kampus Merdeka agar tak bertabrakan dengan peraturan lainnya.
 
Terkait program Kampus Merdeka,Kemendikbud tengah mengumpulkan pengalaman kampus yang sudah menjalankan secara parsial dari program Kampus Merdeka.
 
"Sekarang kita kompilasi praktik yang sudah ada. Kita temui banyak sekali kampus-kampus yang sudah menjalankan parsial dari program-program tersebut," ucap Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya saja, kata Nizam, program magang bersertifikat yang sudah berjalan di beberapa kampus. Kemudian program membangun desa.
 
"Ya misal yang dari Kuliah Kerja Nyata (KKN), praktik-praktiknya yang bisa kita ambil. Itu kita kompilasi untuk dipakai sebagai pedoman," lanjut Nizam.
 
Menurutnya, hal-hal seperti itu bisa diterapkan dalam Kampus Merdeka yang dijamin kemerdekaanya. Nizam menyebut, program dari beberapa kampus ini tentu bisa menjadi inspirasi bagi kampus lainnya
 
Selanjutnya, pihak Kemendikbud akan melihat rambu suatu program. Terlebih pada program magang.
 
"Rambu-rambunya kita perhatikan. Dalam magang semestinya aktivitasnya tidak hanya sekadar bikin kopi. Nah hal-hal semacam itu juga yang sedang kita kompilasi," ucapnya.
 
Selain itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak lain untuk meminta masukan. "Misalnya diskusi dengan kementerian perindustrian, PUPR, Ketenagakerjaan, Kemendes dan sebagainya," jelas guru besar UGM ini.
 
Berikut kelima Permendikbud yang memayungi kebijakan Kampus Merdeka:
 
1. Permendikbud nomor 7 tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri dan Pendirian Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta (memayungi kebijakan Pembukaan prodi baru)
 
2. Permendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi (Memayungi kebijakan Pembukaan prodi baru dam Sistem akreditasi perguruan tinggi
 
3. Permendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Perubahan Perguruan Tinggi Negeri Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (Memayungi kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum)
 
4. Permendikbud nomor 6 tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).(Memayungi kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum)
 
5. Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (memayungi kebijakan Hak belajar tiga semester berturut di luar ptogram studi).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif