Proses penjurian KMI Award 2020. Foto: Dok. Panitia KMI
Proses penjurian KMI Award 2020. Foto: Dok. Panitia KMI

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Award Masuki Tahap Penjurian

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 26 November 2020 19:17
Jakarta:  Universitas Agung Podomoro Jakarta menjadi tuan rumah Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2020.   Agenda ini digelar untuk melebarkan sayap bisnis dan membuka lapangan pekerjaan, utamanya bagi mahasiswa. 
 
Perhelatan tahun ini bertajuk KMI Expo XI-2020 dengan tema Connecting Opportunities atau Menghubungkan Peluang menjadi ajang untuk saling tukar pengalaman antarmahasiswa sebagai calon pengusaha dengan para pengusaha yang telah sukses.  
 
Ketua Panitia KMI Expo XI 2020, Andre Felix Setiawan mengatakan, agenda ini merupakan acara tahunan yang digelar oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud dan diikuti oleh perguruan tinggi se-Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Acara ini untuk memaksimalkan dan memunculkan potensi yang dimiliki para mahasiswa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang cerah melalui dunia wirausaha. Expo ini juga menjadi ajang pertukaran ide dan kreativitas bisnis antarmahasiswa serta tempat menimba ilmu dari para praktisi dan tokoh wirausaha yang sukses di bidangnya," kata Andre.
 
Tahap Penjurian
 
Expo ini diawali dengan pendaftaran dan pengajuan proposal dari para calon peserta KMI Expo XI 2020 yang berakhir 19 November 2020. Dilanjutkan tahap seleksi peserta Expo. Tahap berikutnya adalah penjurian peserta award pada 23 November-4 Desember 2020. 
 
Sedangkan untuk acara puncak akan dilaksanakan 4-5 Desember 2020 secara daring lewat platform Hopin dengan acara puncak berbagai macam talkshow dan sarasehan.
 
Penjurian Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XI - 2020 dibagi ke dalam enam sub kategori Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).  Yaitu sub kategori Makanan dan Minuman, Perdagangan dan Jasa, Kreatif, Produksi/ Budidaya, Teknologi, dan Digital.
 
Baca juga:  UGM Kampus Paling Informatif 2020
 
Di setiap sub-kategori akan dipilih empat pemenang (juara 1, 2, 3 dan Harapan). Hadiah bagi pemenang KMI Award adalah uang tunai yang disediakan oleh Kemendikbud, yang akan diumumkan pada acara puncak KMI Expo XI-2020 tanggal 4-5 Desember 2020.
 
Tercatat ada 211 peserta KBMI yang berasal dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang mengikuti penjurian tersebut. Penjurian dilakukan oleh dewan juri yang beranggotakan 12 orang, dengan komposisi enam juri dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbud dan enam juri dari praktisi wirausaha yang menilai peserta berdasarkan wawasan dan pengalamannya dalam berbisnis. 
 
Pada penyelenggaraan tahun ini, terdapat 21 perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan bantuan dana hibah wirausaha terbesar dengan rata-rata 5-7 unit bisnis tiap perguruan tinggi. Mereka antara lain adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Dian Nuswantoro, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Agung Podomoro Jakarta. 
 
KMI Award masih akan melakukan penjurian kembali untuk Kategori Umum yang diikuti oleh 151 peserta. Masa penjurian untuk kategori ini akan dilakukan pada tanggal 30 November 2020.
 
Selain KMI Award, KMI Expo XI-2020 masih mempunyai ajang penganugerahan Start Up Summit Award yang penjuriannya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2020, dan diikuti oleh 25 peserta.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif