Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sembilan PTN Raih Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif 2020

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 26 November 2020 13:45
Jakarta: Sebanyak sembilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 sebagai Badan Publik (BP) Informatif. Sementara, ada sembilan PTN lainnya masuk dalam kategori BP 'menuju informatif'. 
 
Perolehan status tersebut berkaitan dengan penerapan dan pelaksanaan keterbukaan informasi publik sesuai Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Penilaian didapatkan dari hasil monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat sepanjang 2020. 
 
Hasil monev yang disampaikan pada Rabu, 25 November 2020, kategori BP Informatif terdapat 17,43 pesen (60 BP). Sementara, yang kategori Menuju Informatif 9,77 persen (34 BP). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun PTN yang termasuk dalam kategori BP Informatif tersebut ialah Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Udayana, dan Universitas Indonesia. 
 
Sementara itu, PTN yang masuk dalam kategori Menuju Informatif yaitu Universitas Negeri Padang, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Sriwijaya, ISBI Bandung, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Bengkulu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Teknologi Bandung, dan ISI Denpasar.
 
Baca: Kampus Dibuka Januari 2021, Ini Syaratnya
 
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya kepada PTN yang telah mengimplementasikan keterbukaan informasi publik dan dinilai memenuhi kualifikasi informatif. Meskipun dipenuhi dinamika pandemi covid-19, namun para PTN tersebut tetap menunjukkan kerja keras dan komitmennya dalam memberikan informasi publik dengan cepat dan mudah.
 
"Apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepatuhan PTN dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik. Semoga kian mendorong terwujudnya good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik,” ucap Nizam melalui keterangan tertulis, Kamis, 26 November 2020.
 
Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani turut mengapresiasi semua PTN yang telah berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. Paris pun berharap momentum ini dapat dimaknai sebagai parameter bagi perguruan tinggi lainnya untuk mempercepat akselerasi implementasi keterbukaan informasi publik. 
 
"Diharapkan ini bukan hanya dimaknai sebagai kontestasi saja, tetapi juga komitmen seluruh elemen di perguruan tinggi dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik serta membuka saluran partisipasi bagi masyarakat," kata Paris.
 
Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana, mengungkapkan terdapat peningkatan secara signifikan dari jumlah badan publik kategori Informatif. Tahun ini, berjumlah 60 BP, sedangkan pada 2019 hanya 34 BP yang dikategorikan Informatif.
 
Menurut Gede, perlu adanya dorongan yang kuat untuk menjadikan keterbukaan informasi sebagai budaya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. "Komisi Informasi akan lebih menggelorakan budaya keterbukaan informasi publik melalui komitmen dan dukungan yang kuat dari pemerintah," kata Gede.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif