Mahasiswa STP Trisakti mengikuti World Skills Competition bidang Restaurant Service di Abu Dhabi di UEA. Dokumentasi STP Trisakti.
Mahasiswa STP Trisakti mengikuti World Skills Competition bidang Restaurant Service di Abu Dhabi di UEA. Dokumentasi STP Trisakti.

STP Trisakti dan GTU Bakal Punya Program Joint Degree

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 14 Maret 2019 15:22
Jakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti memperkuat kerja sama dengan Guilin Tourism University (GTU), Tiongkok yang telah terjalin sejak 2017. Program kerja sama STP Trisakti dengan GTU saat akan diperluas dalam bentuk programjoint degreeatau lulus dengan dua ijazah.
 
Mahasiswa belajar di perguruan tinggi asal selama dua tahun, lalu melanjutkan ke perguruan tinggi asing untuk dua tahun berikutnya.“Programjoint degreeini cukup menarik minat lulusan SMA baik di Indonesia maupun Tiongkok," kataKetua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Ditambahkan, kerja sama dengan GTU ditekankan pada sejumlah bidang, antara lain perhotelan,food and beverage, pariwisata danculture heritageyang merujuk pada makin berkibarnya bisnis wisata kuliner di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kerja sama fokus pada bidangfood and beverage, karena masing-masing negara memiliki kekayaan kuliner dan khazanah budaya. Termasuk pariwisata dunia. Hal semacam itu cukup menarik perhatian untuk dipelajari,” tuturnya.
 
Baca:Mahasiswa Asing Belajar Kuliner Nusantara di STP Trisakti
 
Tidak hanya itu, dalam waktu dekat, GTU akan mengirim 10 dosennya untuk kuliah pascasarjana di STP Trisakti. Sebaliknya, kata Fetty, sebanyak 65 mahasiswa STP Trisakti juga dikirim untuk belajar di GTU.
 
"Kerja sama dengan GTU, selama ini dilakukan dalam bentuk pengembangan bahan ajar dan pertukaran dosen dan mahasiswa," ujar Fetty.
 
Selain itu, kerja sama juga dilakukan dalam bidang pengembangan riset bersama dengan GTU, karena kampus tersebut memiliki kualitas pendidikan serta budaya riset yang kuat. “Guillin Tourism University di Guangxi itu sangat terkenal di Tiongkok. Bukan hanya fasilitas kampusnya yang bagus, tetapi mereka juga punya budaya riset yang kuat. Karena kerja sama ini nantinya diperluas dalam bentuk joint research," ujarnya.
 
GTU juga dikenal sebagai perguruan tinggi pariwisata terbaik di Tiongkok. "Kami berharap melalui kerja sama ini dapat semakin meningkatkan kualitas kedua kampus," terang Dia.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi