Guru Honorer saat menyampaikan aspirasinya di depan Istana Negara, MI/Ramdani.
Guru Honorer saat menyampaikan aspirasinya di depan Istana Negara, MI/Ramdani.

Guru Honorer Minta Tunjangan Setara UMP DKI

Pendidikan Guru Honorer
Citra Larasati • 24 Januari 2019 21:17
Jakarta: Guru honorer menyambut baik rencana pemerintah yang akan memberi tunjangan dan gaji setara Upah Minimum Regional (UMR). Namun dengan catatan, UMR yang diberikan tidak disesuaikan dengan standar masing-masing daerah, melainkan satu standar, yakni UMR nasional.
 
"Itu rencana bagus, tapi yang digunakan skala mana? Kalau mengikuti UMR standar daerah, itu akan lebih tidak adil lagi," kata Koordinator bidang Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum, Tenaga Honorer Kategori 2 Indonesia Bersatu (LKBH DPP THK2-IB) Kabupaten Lamongan, Ahmad Wasiran, kepada Medcom.id, di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Baca:Gaji Guru Honorer Setara UMR Diusulkan ke Sri Mulyani

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, standar UMR setiap daerah yang berbeda menimbulkan rasa ketidakadilan, padahal rata-rata beban kerja mengajar sama. Terlebih lagi, para guru honorer juga telah lama mengabdi, sehingga sudah sepatutnya diberi kesejahteraan yang layak.
 
"Kami ingin dibuat tunjangan atau gaji guru honorer itu satu standar UMR, dibuat standar nasional, setidaknya setara dengan UMP (Upah Minimum Provinsi) DKI Jakarta. Anggap Saja daerah Lamongan UMR Rp2 juta , Surabaya UMR Rp3 juta, apakah ini yang namanya berkeadilan?" tegas Wasiran.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengusulkan agar gaji dan tunjangan guru honorer setara dengan upah minimum regional (UMR). Usulan ini disampaikan Muhadjir saat bertemu dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.
 
"Kita usulkan ke Bu Menkeu, agar nanti mereka bisa mendapatkan gaji minimum UMR di masing-masing daerah," kata Muhadjir usai pertemuan dengan Menkeu di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu 23 Januari 2019.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi