1.000 Sekolah Ditargetkan Terima Bantuan Alat Kesenian
Direktur Kesenian, Kemendikbud, Restu Gunawan, Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke kabupaten/kota untuk bantuan alat kesenian. Alokasi ini masih terbatas, sehingga belum bisa disalurkan ke semua sekolah. 

“Kemendikbud memberikan bantuan alat-alat kesenian ke sekolah-sekolah, tahun ini ada 500 sekolah dalam bentuk bantuan pemerintah. Tapi itu sekolahnya banyak, ada 269.000 sekolah, tidak mungkin selesai,” kata Direktur Kesenian, Kemendikbud Restu Gunawan usai membuka Konser Karawitan Anak Indonesia 2018, di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 25 Oktober 2018.


Kemendikbud menargetkan, jumlah sekolah penerima DAK alat kesenian meningkat di kisaran ribuan sekolah penerima.   "Mudah-mudahan bisa meningkat, jadi 1.000 atau 2.000 atau 3.000 sekolah," ujarnya. 

Baca: IPM Meningkat, Angka Putus Sekolah Turun

Untuk anggarannya sendiri belum bisa dipastikan. Kemendikbud masih menyusun petunjuk teknisnya (juknis).  “Belum tahu persis, karena kan baru disusun juknisnya 2019,” ujar Restu.

Nantinya, DAK ini akan langsung dikirimkan pemerintah ke kabupaten/kota. Sementara itu jumlah totalnya berapa belum bisa ditentukan.“Belum banyak, saya belum tahu juga jumlahnya berapa, tapi sudah mulai dibuka itu,” tuturnya.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id