Direktur Jenderal Belmawa, Ismunandar, di Makassar, Sulawesi Selatan, Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.
Direktur Jenderal Belmawa, Ismunandar, di Makassar, Sulawesi Selatan, Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.

256 Mahasiswa Berkompetisi di ON-MIPA 2019

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syawaluddin • 29 April 2019 13:09
Makassar: Sebanyak 256 Mahasiswa berkompetisi dalam Olimpiade Matematika dan MIPA (ON MIPA) tingkat nasional tahun 2019 yang dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan, pada 26-29 April 2019.
 
Olimpiade yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tersebut diikuti ratusan mahasiswa dari 80 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
 
"Sebanyak 256 mahasiswa terbaik dari 83 Perguruan Tinggi bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam masing-masing bidang olimpiade, yaitu Fisika, Matematika, Kimia dan Biologi atau dengan jumlah 64 peserta lomba pada setiap bidangnya," kata Direktur Jenderal Belmawa, Ismunandar, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat 26 April 2019 malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:UMI Makassar Targetkan Emas di ON-MIPA
 
Dia menyampaikan bahwa ON MIPA juga sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan iptek di kalangan masyarakat (knowledge-based society). Karena, kemajuan iptek serta perubahan tatanan sosial menuntut penyesuaian kualitas pendidikan dan pembelajaran.
 
“Ilmu dalam bidang Matematika dan MIPA sebagai alat bantu dunia menjadi suatu
keharusan. Utamanya adalah untuk menambah wawasan dan intelektualitas agar kita mampu dengan mudah beradaptasi menghadapi berbagai tantangan dan perubahan zaman,” tambah Ismunandar.
 
Tidak hanya itu, kata Ismunandar, dengan Matematika daya kritis mahasiswa bisa terus diasah. Sebab kata Ismunandar, pola berpikir dalam Matematika berdasar pada logika.
 
Proses mempelajari sains dengan benar akan melatih penggunaan prinsip-prinsip logika untuk mengevaluasi apakah informasi yang diperoleh itu benar atau salah. ON-MIPA pun diharapkan akan membangun kemampuan mahasiswa untuk meneliti danmenulis karya ilmiah di bidang yang diminati agar bermanfaat bagi diri pribadi, masyarakat dan lingkungan.
 
"Proses pelatihan inilah yang akanmengasah ketajaman berpikir kritis mereka. Hasil berpikir kritis akan menjadi inovasi yang dapat mendorong pencapaian Indeks Inovasi Indonesia yang saat ini masih berada di level 85 dari total 126 negara," jelasnya.
 
Dia juga berharap, mahasiswa Indonesia dapat meraih prestasi di level internasional dan melatih dirinya untuk bersaing dan dan berdamping dengan masyarakat global. Hal tersebut sejalan dengan peran Belmawa dalam meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi guna mewujudkan sumber daya manusia yang kompetitif, inovatif, dan berkarakter.
 
Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) merupakan salah satu ajang lomba bergengsi yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Adapun bidang yang dilombakan meliputi bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi.
 
Lomba dilakukan dalam tiga tahap, yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan tujuh mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik, dan Tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif