Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman mengukuhkan dua profesor baru. DOK Unnes
Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman mengukuhkan dua profesor baru. DOK Unnes

Unnes Tambah Dua Profesor Baru

Renatha Swasty • 03 Agustus 2022 09:39
Jakarta: Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman mengukuhkan dua profesor baru. Kedua profesor yang dikukuhkan tersebut, yaitu Prof Dr Noor Aini Habibah SSi MSi menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Jaringan Tumbuhan pada Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Prof Dr Drs Nasuka MKes menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Kepelatihan Bola Voli pada Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNNES.
 
Fathur mengatakan pencapaian sebagai profesor bukan hal mudah. Dia menuturkan untuk menuju profesor harus bekerja keras, kerja cerdas, serta memiliki kecintaan tinggi terhadap bidang yang digeluti.
 
“Saya selalu merasa bahagia dan bangga setiap kali memimpin pengukuhan profesor baru. Perasaan bahagia muncul karena saya tahu persis bahwa pencapaian sebagai profesor bukanlah hal mudah. Untuk mencapai jabatan akademik tertinggi ini Bapak dan Ibu bukan hanya harus bekerja keras dan bekerja cerdas, tetapi juga memiliki kecintaan tinggi terhadap bidang yang Bapak dan Ibu geluti,” kata Fathur dikutip dari laman unnes.ac.id, Rabu, 3 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fathur menyebut bertambahnya profesor baru berarti menambah pula pilar yang akan memperkukuh Unnes sebagai rumah ilmu pengembang peradaban unggul. Dia menuturkan profesor ialah cendekia yang dengan pelita keilmuannya akan membawa Unnes memiliki kecemerlangan di berbagai bidang.
 
Fathur mengatakan bagi Unnes, tahun ini ibarat musim panen profesor. Total, 11 profesor baru dukukuhkan. Kesebelas profesor tersebut berasal dari berbagai bidang ilmu yang menunjukkan distribusi relatif merata.
 
"Ibarat kereta, Unnes adalah rangkaian gerbong yang melaju bersama, menuju arah yang sama, mewujudkan visi yang sama yaitu mewujudkan Universitas Negeri Semarang sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional,” tutur Fathur.
 
Dia yakin ini membuat semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas. Fathur menyebut hal itu dapat dilihat dari meningkatnya produktivitas publikasi dan inovasi berkat atmosfer akademik yang sehat dan kualitas sumber daya manusia yang semakin unggul.
 
Fathur menyebut dengan pengalaman panjang dalam tata kelola dan pengembangan sumber daya manusia, Unnes akan terus mendorong dan memfasilitasi dosen agar terus berakselerasi mencapai jabatan akademik tertinggi sebagai profesor.
 
“Dalam beberapa tahun terakhir kita telah melakukan investasi besar-besaran dengan memfasilitasi dosen menyelesaikan pendidikan S3-nya. Setelah dosen menyelesaikan S3, kita juga fasilitasi dan dorong agar bisa segera menjadi profesor," kata Fathur.
 
Fathur menyebut bagi Unnes investasi dalam bidang sumber daya manusia adalah keniscayaan karena bisnis utama perguruan tinggi memang pada bidang sumber daya manusia. Pihaknya ingin melahirkan generasi muda berkarakter dan berprestasi.
 
"Generasi semacam itu hanya mungkin dilahirkan jika dosennya memiliki keteladanan dalam karakter dan prestasi pula. Teladan seperti itulah yang hendaknya dimiliki oleh para profesor,” tutur Fathur.
 
Dalam orasi ilmiahnya, Noor Aini Habibah memaparkan “Produksi Metabolit Sekunder dengan Teknik Kultur Jaringan Tumbuhan: Penelitian dan Prospeknya di Industri”. Sedangkan, Nasuka memaparkan orasi ilmiah dengan judul “Strategi Kemampuan dan Kepelatihan Bola Voli”.
 
Baca juga: Keren, 2 Mahasiswi Unnes Sabet Medali Emas di Kejuaraan Dunia Pencak Silat

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif