Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Medcom.id
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Medcom.id

Menkes: Vaksin Merah Putih Selesai Diproduksi Agustus

Pendidikan kemenkes UNAIR Vaksin Merah Putih Budi Gunadi Sadikin
Ilham Pratama Putra • 19 April 2022 14:52
Jakarta: Proses pembuatan vaksin Merah Putih terus berlanjut. Vaksin buatan dalam negeri itu ditargetkan selesai diproduksi pada Agustus 2022.
 
"Vaksin Merah Putih mungkin akan selesai diproduksi antara Agustus sampai September," kata Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, Selasa, 19 April 2022.
 
Vaksin Merah Putih merupakan hasil buatan Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis. Sebelumnya, pihak Unair berharap vaksin Merah Putih dapat duluncurkan pada Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Tim Vaksin Unair Fedik Abdul Rantam menjelaskan vaksin Merah Putih tengah menuju tahap uji klinis fase dua. Setelah itu barulah masuk uji klinik fase ketiga untuk kembali dievaluasi.
 
Hasil evaluasi itu merupakan penentuan pemanfaatan vaksin Merah Putih. Apakah nantinya vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai vaksin utama atau vaksin pelengkap.
 
"Setelah dievaluasi kita masuk sebenernya vaksin booster atau primer itu perlu evaluasi yang ketat, oleh karena itu perlu memerlukan waktu. Nanti yang melegitimasinya dari BPOM," kata Ferdik dalam webinar Ketahanan Kesehatan Nasional: Pengembangan Vaksin Merah Putih, Rabu 16 Maret 2022.
 
Baca: Unair Targetkan Vaksin Merah Putih Diluncurkan Agustus 2022
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif