Ilustrasi UGM. DOK UGM
Ilustrasi UGM. DOK UGM

Calon Rektor UGM Diminta Kejelasan Soal Gelanggang Mahasiswa Hingga Radikalisme di Kampus

Renatha Swasty • 12 April 2022 10:56
Jakarta: Proses pemilihan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) masih berlangsung. Pemilihan memasuki tahap menggali aspirasi dari kalangan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
 
Calon rektor mendapat aspirasi dari kalangan mahasiswa melalui forum Sarasehan bertajuk Nyawiji Menuju UGM-1. Ketua Forum Komunikasi UKM, Bram Kusuma Setyahadi, menyampaikan aspirasi dari mahasiswa soal kejelasan fasilitas pembangunan kegiatan kemahasiswaan.
 
Pasalnya, dua tahun terakhir mahasiswa tidak lagi memiliki fasilitas memadai setelah gedung gelanggang dirobohkan. Padahal, fasilitas gelanggang mahasiswa menampung 49 unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan 26 komunitas yang bernaung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita ingin adanya komitmen, kejelasan, dan kepastian pembangunan melalui transparansi yang melibatkan mahasiswa. Lalu, mengakomodir kebutuhan mahasiswa dan fasilitas ramah difabel dalam pembangunan fasilitas kemahasiswaan, baik itu gelanggang mahasiswa, GOR mahasiswa, dan kawasan kerohanian,” kata Bram dikutip dari laman ugm.ac.id, Selasa, 12 April 2022.
 
Mahasiswa Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik Fisipol UGM itu juga menyoroti standarisasi dan monitoring Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam program Kuliah Kerja Nyata. Sebab, hasil survei mahasiswa menunjukkan sekitar 28,90 persen mahasiswa sulit berkoordinasi dengan DPL. Padahal, salah satu tugas DPL adalah menjembatani komunikasi antara mahasiswa dan pemerintah daerah.
 
Selain itu, anggota pengurus Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UGM, Rahmad Said, meminta keenam calon rektor perlu mengembangkan kebijakan link and match untuk kegiatan dan program Tri Darma perguruan tinggi. Rahmad menyebut juga diperlukan pemetaan yang jelas soal isu radikalisme di kampus.
 
“Bukan masalah sekarang saja tapi juga yang terdahulu sehingga ada solusi yang bisa dirangkai dalam kebijakan yang dikeluarkan,” tutur dia.
 
Sebanyak enam bakal calon rektor dinyatakan lolos seleksi administrasi. Keenam calon rektor tersebut, ialah Ali Agus, Bambang Agus Kironoto, Deendarlianto, Ova Emilia, Sigit Riyanto, dan Teguh Budipitojo. Tahapan selanjutnya, masing-masing menyampaikan presentasi program di hadapan anggota Senat Akademik dan Dewan Guru Besar.
 
Baca: 6 Bakal Calon Rektor UGM Lolos Tahap Verifikasi Dokumen, Ini Daftarnya
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif