Ilustrasi kuliah. Medcom
Ilustrasi kuliah. Medcom

Jurusan Digital Marketing, Belajar Apa? Cek 5 Mata Kuliah Unggulannya

Ilham Pratama Putra • 01 Maret 2024 17:11
Jakarta: Komunikasi pemasaran digital atau Digital Marketing Communications (DMC) merupakan jurusan perkuliahan yang paling diburu saat ini. Lulusannya kini dibutuhkan sebagai tulang punggung strategi bisnis modern di era teknologi.
 
DMC tak cuma tentang memasang iklan online pemanfaatan media sosial. Tapi juga mencakup analisis data, optimasi situs web, hingga pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO).
 
Di jurusan DMC, mahasiswa dipicu mampu memanfaatkan teknologi dan platform online demi mencapai tujuan pemasaran. Jurusan ini juga akan memberikan pengetahuan dasar tentang pemasaran, keterampilan melakukan analisis pemasaran, pengambilan keputusan, sampai komunikasi yang efektif kepada semua pihak yang terlibat dalam penjualan.

Melansir laman uph.edu, terdapat mata kuliah pada jurusan DMC yang bisa menunjang kemampuan mahasiswa di bidang tersebut. Ini lima mata kuliah unggulan jurusan DMC.

5 mata kuliah unggulan jurusan Digital Marketing Communication

1. Teknologi dan Media Baru

Mata kuliah peminatan Teknologi dan Media Baru dalam peminatan pemasaran digital bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan terbaru dalam teknologi dan media yang memengaruhi strategi pemasaran digital. Mahasiswa akan mempelajari tentang tren terkini dalam teknologi informasi dan komunikasi serta dampaknya terhadap perilaku konsumen dan strategi pemasaran.
 
Di Universitas Pelita Harapan (UPH) misalnya, mahasiswa akan belajar tentang bagaimana teknologi baru, seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan realitas virtual (VR) serta augmented reality (AR), digunakan dalam pemasaran digital. Mahasiswa diajarkan tentang cara memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, personalisasi konten, dan analisis data.

2. Design and Editing

Mata kuliah Design and Editing memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya desain dan pengeditan dalam menciptakan konten yang menarik dan efektif untuk strategi pemasaran online. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep seperti komposisi visual, pemilihan warna, tipografi, dan penggunaan elemen grafis untuk menciptakan konten yang menarik.
 
Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan tentang pentingnya desain responsif dan user experience (UX) dalam pemasaran digital. Dengan memahami bagaimana menciptakan konten yang menarik dan kohesif, mahasiswa siap untuk menciptakan dampak yang positif dalam strategi pemasaran online mereka.

3. Event Management

Mata kuliah Event Management dalam peminatan pemasaran digital mempelajari penggabungan konsep tradisional dari manajemen acara dengan strategi modern pemasaran digital untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merencanakan dan melaksanakan berbagai jenis acara, mulai dari konferensi bisnis hingga pameran.
 
Di UPH misalnya, mahasiswa akan diajarkan tentang bagaimana menerapkan strategi pemasaran digital dalam konteks manajemen acara. Mahasiswa mempelajari teknik-teknik promosi online seperti penggunaan media sosial, email marketing, dan iklan digital untuk meningkatkan awareness dan partisipasi dalam acara.

4. Social Media Marketing

Social Media Marketing membahas peran penting media sosial dalam membangun dan mengelola merek dalam lingkungan digital yang terus berkembang. Mahasiswa akan mempelajari teknik pembuatan konten yang menarik, relevan, dan berbagi, serta cara merencanakan jadwal posting yang efektif untuk mencapai target audiens secara maksimal.
 
Mata kuliah ini juga akan membahas tentang penggunaan iklan dan kampanye berbayar di media sosial. Mahasiswa akan belajar tentang berbagai jenis iklan yang tersedia di platform media sosial utama, serta strategi untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan dan mencapai tujuan pemasaran yang ditetapkan.

5. Kasus-kasus Integrated Marketing Communication (IMC)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang konsep IMC dan penerapannya dalam lingkungan digital yang kompleks. Mahasiswa akan memahami pentingnya koordinasi dan konsistensi dalam semua aspek komunikasi pemasaran.
 
Selanjutnya, mahasiswa akan diperkenalkan dengan berbagai studi kasus yang menunjukkan penerapan konsep IMC dalam konteks digital. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana perusahaan-perusahaan terkemuka menggunakan berbagai saluran digital, seperti situs web, media sosial, email, dan konten online lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.
 
Ketua Prodi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Ilmu Komunikasi UPH, Azalia Gerungan, menyatakan DMC erat kaitannya dengan dunia digital. Di UPH, pembelajaran DMC difasilitasi lewat pembelajaran daring guna memperkuat digitalisasi mahasiswa.
 
Baca juga: Kenalan dengan Jurusan Sastra Belanda: Sejarah, Keahlian, hingga Alasannya Harus Ambil Kuliah Ini

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan