Mahasiswa Papua UKDW saat pentas seni di Yogyakarta.  Foto/Dok. UKDW.
Mahasiswa Papua UKDW saat pentas seni di Yogyakarta. Foto/Dok. UKDW.

Mahasiswa Papua Andalan Juara di Olahraga dan Seni

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi Kerusuhan Manokwari
Patricia Vicka • 23 Agustus 2019 18:28
Yogyakarta: Mahasiswa Papua yang tengah menimba ilmu di perguruan tinggi Yogyakarta kerap menyumbangkan prestasi di bidang olahraga dan seni. Mereka memiliki kemampuan yang menonjol di kedua bidang tersebut.
 
Wakil Rektor III Bagian Kemahasiswaan Alumni dan Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Joko Purwadi mengatakan, para mahasiswa Papua kerap mewakili kampus untuk mengikuti perlombaan di bidang olahraga dan seni yang diadakan oleh pihak eksternal.
 
"Mahasiswa Papua itu punya fisik yang kuat. Mereka sering menjuarai lomba lomba Futsal dan Basket," kata Joko kepada Medcom.id,di Kampus UKDW Yogyakarta, Jumat, 23 Agutus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lingkup perlombaan yang diikuti pun beragam, mulai dari tingkat provinsi, nasional hingga dunia. Salah satu mahasiswa Papua yang berprestasi adalah Simon Snap dari program studi (prodi) Akuntansi. Simon berhasil masuk 20 besar kandidat anggota grup basket street ball
tingkat nasional yang diadakan oleh salah satu perusahaan rokok.
 
Tak hanya olahraga, Mahasiswa Papua juga sering mewakili kampus dalam perlombaan paduan suara international."Mahasiswa Papua punya suara merdu. Ada yang pernah jadi salah satu wakil kampus di kompetisi International di Malayasia. Saya lupa namanya," kata dia.
 
Baca:Cara UGM Memperlakukan Mahasiswa Papua
 
Dalam kehidupan sehari- hari, Joko mengatakan, mahasiswa Papua berperilaku sopan dan baik. Mereka tidak pernah berbuat onar atau membuat masalah.
 
"Bahkan mahasiswa Papua aktif menyumbangkan tari-tarian dan pertunjukan seni dalam kegiatan internal UKDW," terangnya.
 
Sejumlah prestasi juga kerap disumbangkan oleh mahasiswa Papua yang berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM). Kepala Humas dan protokoler UGM, Iva Ariani mengatakan, mahasiswa Papua beberapa kali mengharumkan nama kampus dalam perlombaan bidang olahraga.
 
Sebut saja Theresia Wilma dari prodi Gizi Kesehatan 2016. Theresia yang berasal dari Kabupaten Nabire pernah menyabet Juara 3 Futsal Putri Solo Medical Cup 2018 setingkat Nasional.
 
"Ada juga Wilda Saragi dari Jayapura. Dia fakultas Farmasi 2015. Pernah juara 1 di Kompetisi Bola Tangan 2018 tingkat regional dan juara 3 di lomba farmasi Club 2017 setingkat nasional," kata Iva.
 
Ketua Gugus Tugas Papua UGM, Bambang Purwoko mengatakan mahasiswa Papua selama ini aktif berpartisipasi dalam kegiatan seni dan budaya. Mereka pernah menggelar Kegiatan Budaya Corak Tanah Papua.
 
"Dalam acara itu diperkenalkan budaya masyarakat Papua misalnya tari-tarian dan seni musik. Ada juga pameran foto seni Papua," kata pria yang menjadi pendamping para mahasiswa Papua di UGM ini.
 
Bambang melanjutkan, karakter mahasiswa Papua berkebalikan seperti stigma masyarakat selama ini yang dinilai kasar dan bandel. Mahasiswa Papua yang ia dampingi selama ini punya karakter lembut, polos, pemalu dan baik hati.
 
"Mereka juga punya semangat tinggi untuk belajar. Rajin belajar dan ringan tangan," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif