UMM Kirim Mahasiswa KKN ke Luar Negeri
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan Pengarahan dan Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ajaran 2018/2019, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.
Malang:Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ajaran 2018/2019 di luar negeri. Peserta tersebar di beberapa negara, mulai dari kawasan Asia hingga Timur Tengah.

Kepala Divisi KKN UMM, Alik Ansyori Alamsyah mengatakan tahun ini UMM melepas 4.885 mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga jenis KKN. Yaitu, KKN Khusus, KKN Internasional dan KKN Muhammadiyah untuk Negeri.


“KKN internasional ada yang ke Thailand 55 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, ke Singapura 2 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan ke beberapa negara yang sudah masuk program AIESEC yaitu, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Turki,” kata Alik, di Malang, Kamis 28 Juni 2018.

Ribuan mahasiswa yang hendak KKN tersebut akan dibagi ke dalam 142 kelompok dan diberangkatkan pada 11 Juli hingga 13 Juli 2018.  Untuk pelaksanaan KKN di dalam negeri sendiri, akan dilaksanakan di 11 kabupaten/kota, 13 kecamatan, dan 142 desa.

“Mereka tersebar di Malang, Probolinggo, Tulungagung, Jombang, Lamongan, Pasuruan, Lumajang, dan Pacitan,” sebut Alik. 

Alik menambahkan kelompok-kelompok KKN tersebut harus memiliki program unggulan. Selain itu, para peserta juga diminta untuk belajar mempublikasikan programnya melalui media cetak dan elektronik.  Kemudian peserta KKN juga diminta membuat buku tentang KKN, membuat profil desa hingga video KKN yang kemudian diunggah di media sosial seperti Youtube untuk meluaskan semangat pengabdian masyarakat.

"Masing-masing kelompok terdapat divisi dan program di bidang agama, sosial, ekonomi, kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan,” ujarnya.

Baca: Magang Bersertifikat, Alternatif Sumber Rekrutmen Pegawai BUMN

Sementara itu, Wakil Rektor III UMM, Sidik Sunaryo berpesan agar mahasiswa menghindarkan diri dari tindakan-tindakan yang tidak baik, serta selalu menjaga nama baik almamater selama menjalani KKN.

“Tolong niatan baik kampus dalam rangka pengabdian di masyarakat ini diikuti peran serta mahasiswa dengan cara berperilaku dan bersikap baik,” tutupnya.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id