Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan layar YouTube
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan layar YouTube

Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Kembali Disalurkan September

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring Subsidi Kuota Pembelajaran jarak jauh
Ilham Pratama Putra • 04 Agustus 2021 17:46
Jakarta:  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali melanjutkan program subsidi bantuan kuota internet gratis untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Bantuan tersebut mulai disalurkan pada September 2021.
 
"Kami akan melanjutkan penyaluran bantuan kuota gratis di bulan September, Oktober, dan November 2021," kata Mendikbudristek, Nadiem Makarim dalam Peresmian Lanjutan Bantuan Kuota Internet dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal tahun 2021, Rabu, 4 Agustus 2021.
 
Adapun anggaran yang dialokasikan untuk bantuan kuota selama tiga bulan itu sebesar Rp2,3 triliun. Akan ada 26,8 juta siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang akan menerima kuota internet gratis tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kuota gratis internet ini akan berlaku dan bisa digunakan selama 30 hari kerja sejak diterima," jelas dia.
 
Baca juga:  Besok, Kemendikbudristek Umumkan Kelanjutan Bantuan Kuota Internet
 
Besaran kuota yang diberikan sama dengan periode sebelumnya.  Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan menerima kuota sebesar tujuh gigabyte (GB) per bulan.
 
Sedangkan siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebesar 10 GB per bulan. Sementara untuk guru PAUD, guru jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan.
 
Untuk mahasiswa dan dosen, akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan. Keseluruhan bantuan kuota internet gratis di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo.
 
Lebih lanjut, Nadiem meminta pimpinan satuan pendidikan untuk memutakhirkan data pelajar, guru, mahasiswa dan dosen. Termasuk nomor telepon pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan pendidikan tinggi.
 
Mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah) atau kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi) selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2021.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif