Kampus Universitas Indonesia (UI). Dok Humas UI.
Kampus Universitas Indonesia (UI). Dok Humas UI.

Statuta Baru Nyaris Berikan Kekuasaan Penuh untuk Rektor UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi Universitas Indonesia Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 24 Juli 2021 16:53
Jakarta: Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) Manneke Budiman mengatakan, Rektor UI memiliki kewenangan nyari absolut dalam statuta yang baru. Situasi ini dinilai tak sehat bagi keberlangsungan kampus sekelas UI.
 
Rektor punya kekuasaan hampir absolut. Karena tidak perlu menyusun anggaran rumah tangga sebagai acuan bagi semua peraturan kebijakan norma yang berlaku di UI. Semuanya bisa diatur, diputuskan, dengan peraturan rektor," kata Manneke dalam webinar 'Menilik Statuta UI yang Baru', Sabtu, 24 Juli 2021.
 
Bahkan, kata dia, kewenangan dekan untuk menerbitkan peraturan dekan pada tingkat fakultas, tak diatur statuta baru yang termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 Tahun 2021. Prinsip check and balances juga seolah dilemahkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Check and balances itu secara bahaya, secara sembrono, dan secara berpikiran jangka pendek itu dilemahkan demi memuluskan tindak tanduk rektor atau pimpinan UI," terangnya.
 
Baca: Selama Revisi Statuta Tak Dicabut, Rektor UI Masih Berpotensi Rangkap Jabatan
 
Manneke mengatakan, statuta baru UI justri membuka pintu intevensi pihak eksternal terhadap kegiatan akademik internal. Statuta juga membuka pintu bagi anggota partai menjadi anggota Majelis Wali Amanat (MWA), yang dalam statuta sebelumnya jelas dilarang.
 
Ia menambahkan, statuta baru UI juga menghapus banyak keweangan Dewan Guru Besar (DGB). Ia mengatakan, alih kewenangan dalam sebuah organisasi memang lumrah terjadi.
 
Namun, ia menilai dalam kasus revisi statuta UI, pengambilan sejumlah kewenangan DGB dilakukan secara sepihak.
 
"Itu adalah praktik tercela. Tidak seharusnya terjadi di universitas dan tidak seharusnya dilakukan akademisi. Tetapi hanya mungkin dilakukan politisi," ungkapnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif