Penyelenggaraan UNBK Gunakan Sistem Resource Sharing
Sejumlah siswa SMA mengikuti simulasi uji coba Ujian Nasional secara online, Ant - Reno Esnir
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menggejot penyelenggaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Caranya, yakni dengan berbagi sumber daya (resource sharing) komputer antarsatuan pendidikan.

Untuk mengatur hal tersebut, Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud Purwadi Sutanto mengatakan jadwal pelaksanaan UNBK setiap satuan pendidikan akan terbagi dalam waktu yang berbeda. Maka itu jadwal pelaksanaan UN untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih dahulu dibanding satuan pendidikan lainnya.


"Kenapa jadwal (UN) yang pertama kali adalah SMK baru kemudian SMA dan SMP? Supaya kalau SMK (menyelenggarakan UNBK), maka dia bisa menggunakan punyanya (komputer milik) SMA dan SMP," ungkap Purwadi kepada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 21 Maret 2018.

Pun sebaliknya ketika SMA menyelenggarakan UNBK, maka mereka akan menggunakan komputer milik SMK dan SMP. Ketika SMP melaksanakan UNBK, mereka juga bisa menggunakan komputer milik SMA dan SMK.

"Tapi masih ada daerah-daerah yang kalau bukan (komputer) milik saya sendiri, saya tidak menyelenggarakan UNBK," tukas Purwadi.

Selain karena gengsi, ada pula yang memang seluruh satuan pendidikan di daerah tertentu belum memiliki infrastruktur memadai dalam menyelenggarakan UNBK. Maka itu gelaran UNBK untuk jenjang SMA pada tahun ajaran 2017/2018 belum mencapai 100 persen.

"UNBK untuk SMA sudah 91 persen karena memang ada daerah remote yang itu belum bisa menggunakan UNBK. Mereka masih UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil)," beber dia.

Adapun jadwal pelaksanaan UN untuk jenjang SMK digelar pada 2-5 April 2018. Sementara UN untuk jenjang SMA dan MA dilaksanakan pada 9-12 April 2018. Sedangkan untuk peserta didik SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), penyelenggaraan UN dilaksanakan pada 23-26 April 2018.

Bagi peserta didik SMA/MA/SMK yang tidak dapat mengikuti UN pada tanggal yang telah ditentukan bisa mengikuti UN susulan pada 17 dan 18 April 2018. Sedangkan UN susulan bagi peserta didik SMP/MTs diselenggarakan pada 8 dan 9 Mei 2018.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id