Mobil listrik karya SMK Model PGRI I Mejayan. Foto: Dok. SMK PGRI Mejayan
Mobil listrik karya SMK Model PGRI I Mejayan. Foto: Dok. SMK PGRI Mejayan

Mobil Listrik SMK PGRI Mejayan Siap Diproduksi Massal

Pendidikan inovasi Pendidikan Vokasi
Antara • 24 Juli 2020 09:30
Jakarta: Mobil listrik yang diperuntukkan untuk Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) produksi SMK Model PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur merupakan salah satu buah dari "pernikahan" pendidikan vokasi dan dunia industri. Mobil listrik ini pun rencananya bakal diproduksi secara massal.
 
"Bupati Madiun, Ahmad Dawani berjanji untuk mendorong mobil listrik ini dapat diproduksi massal," kataKepala Sekolah SMK Model PGRI 1 Mejayan Sampun Hadam, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.
 
Sampun mengatakan, pembuatan mobil listrik UMKM SMK Model PGRI Mejayan ini terwujud berkat kerja sama dengan PT INKA Group. Dia menambahkan, melalui program teaching factory, PT INKA memberikan pendampingan dan bimbingan bagi siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan dalam pembuatan mobil listrik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Mahasiswa Indonesia Ikut Teliti Vaksin Covid-19 di Oxford
 
Dimulai dari rancangan mobil, perencanaan peralatan, dan perencanaan produksi. Program teaching factory yang sudah berjalan bersama PT INKA Group hingga saat ini di antaranya adalah program pembuatan kursi kereta api yang dikirimkan ke Bangladesh, pembuatan baut kereta api, dan box painting kereta api.
 
Dia menambahkan, bahwa mobil listrik hasil karya siswa dan guru SMK Model PGRI 1 Mejayan tersebut akan dijadikan bagian dari upaya mendukung geliat usaha UMKM di Kabupaten Madiun. Selain itu, pihak industri pun siap mendampingi kesuksesan cipta hasil karya siswa dan guru tersebut.
 
"Dukungan yang luar biasa ini menguatkan SMK MODEL PGRI 1 Mejayan untuk melangkah menjadi pusat pengembangan untuk konstruksi teknik pemesinan dan pengembangan UMKM. SMK MODEL PGRI 1 Mejayan siap dan mampu menjawab perkembangan teknologi dan industri demi kemajuan generasi milenial saat ini," kata dia.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif