Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Survei: Pelajar Indonesia Gemar Mempelajari Isu Global

Pendidikan pelajar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Maret 2020 20:19
Jakarta: Cambridge Internasional melalui survei online Global Perspective mengadakan penelitian yang diikuti 11 ribu pelajar dari 12 negara termasuk Indonesia. Hasil survei menunjukkan pelajar Indonesia mempunyai konsen untuk mempelajari isu-isu global.
 
Berdasarkan survei tersebut, 97 persen pelajar Indonesia menilai mempelajari isu global di sekolah merupakan hal penting. Sebanyak 93% juga setuju pentingnya berdiskusi mengenai isu global di sekolah dengan teman dan guru.
 
Namun, hampir setengah dari pelajar Indonesia menyatakan bahwa mereka tidak mempelajari isu global di sekolah, meskipun mereka menginginkannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Regional Director Southeast Asia and Pacific, Cambridge Assessment International Education, Ben Schmidt mengatakan, hasil survei ini menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan sangat tertarik terhadap beragam isu yang tidak hanya terbatas dalam negeri. Tapi juga isu-isu global.
 
“Kami percaya bahwa pendekatan pendidikan yang tepat, memperluas wawasan dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, dapat memberikan kemampuan berpikir kritis dan membangun kesadaran global. Turut dilengkapi dengan perspektif lokal untuk masa depan," jelas Ben Schmidt dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.
 
Hasil survei menunjukkan, isu yang menjadi perhatian utama pelajar Indonesia adalah polusi, termasuk juga isu sampah plastik. Kemudian di urutan kedua perubahan iklim, dan isu ‘intoleransi terhadap orang karena perbedaan'.
 
Lebih lanjut, empat dari lima (84%) pelajar Indonesia yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan memilih berkarir di tempat yang dapat memberi kontribusi positif untuk mengatasi isu global. Kemudian sebanyak 82% akan mempertimbangkan bagaimana sikap tempat-tempat kerja terhadap isu-isu global tersebut saat melamar pekerjaan.
 
“Di dunia yang terus menerus berkembang dengan berbagai tantangan besar di masa depan, kami merasa bahwa sangat penting bagi pelajar untuk tidak hanya mengetahui isu-isu global, namun juga mengembangkan kemampuan meneliti, berdiskusi, dan menilai fakta, serta bekerja sama untuk memahami berbagai perspektif di seluruh dunia," jelas Chief Executive, Cambridge, Christine Özden.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif