NEWSTICKER
Mendikbud, Nadiem Makarim.  Foto: Kemendikbud/Dok. Humas
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Kemendikbud/Dok. Humas

Nadiem: Cagar Budaya Harus Punya Tempat Nongkrong

Pendidikan kebudayaan
Ilham Pratama Putra • 28 Februari 2020 16:43
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyebut cagar budaya harus kekinian agar akrab dengan milenial. Nadiem menginginkan agar cagar budaya ke depannya juga memiliki tempat nongkrong untuk menarik perhatian anak muda.
 
"Jadi kalau mau menciptakan sesuatu, cagar budaya harus ada lingkungan sekitar atau tempat tongkrongannya harus nyaman," kata Nadiem dalam Rapat Koordunasi Nasional Bidang Kebudayaan, di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat 28 Februari 2020.
 
Menurutnya, poin ini menjadi penting dalam menarik minat wisata. Dia membaca kecenderungan wisatawan selalu mencari tempat nongkrong yang unik untuk berfoto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, Nadiem juga mengatakan, dalam mengunjungi cagar budaya, wisatawan juga harus diberikan pengalaman berbeda. Misalnya saat wisatawan berpindah lokasi dari satu cagar budaya ke cagar budaya lain.
 
Baca juga:Bangunan Mangkrak Boleh Dimanfaatkan untuk Kegiatan Budaya
 
"Seseorang dari titik a, b, ke c, jangan lupa di antara jam-jam di hari itu dia ngapain. Gimana pengalaman dia bertransportasi," jelas Nadiem.
 
Karena pengalaman transportasi juga memiliki kesan tersendiri. Belum lagi, kata Nadiem soal kuliner yang disediakan oleh satu daerah.
 
"Jadi kalau ada cagar budaya di suatu tempat itu minuman, makanan seperti apa? Kita manusia bukan hanya satu hal yang didapat. Tapi experience makanan minuman dan transportasi harus dipetakan. Kadang tempatnya bagus, tapi makanan yang enak tidak disuguhkan," sambungnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif