MRPTNI gelar Raker di Universitas Sebelas Maret (UNS) (11/3). Foto: UNS/Humas.
MRPTNI gelar Raker di Universitas Sebelas Maret (UNS) (11/3). Foto: UNS/Humas.

Raker di UNS, Rektor PTN Bahas Kebijakan Baru Nadiem

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kebijakan pendidikan Kampus Merdeka
Ilham Pratama Putra • 13 Maret 2020 14:22
Jakarta: Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) mengadakan rapat kerja di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Rapat kerja perdana ini, membahas dan mendiskusikan berbagai kebijakan baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
“Terkait dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, kebijakan akreditasi, percepatan PTN menjadi PTNBH, penerimaan mahasiswa baru, standar nasional pendidikan tinggi dan lain sebagainya,” kata Rektor UNS, Jamal Wiwoho dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 Maret 2020.
 
Menurut Jamal, rapat kerja berjalan dengan lancar dan sangat antusias. Selain berbincang soal kebijakan Kemendikbud, pimpinan dari berbagai universitas ini juga membahas masalah aktual dan dinamika perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"MRPTNI juga menyampaikan program kerja masing masing bidang. Di antaranya bidang akademik, hukum dan kebijakan Dikti, sumber daya dan aset, kemahasiswaan, riset dan inovasi," lanjut Jamal.
 
Pembahsan program pengabdian pada masyarakat, kerja sama internasional, kerja sama nasional, pengembangan sistem dan ICT juga tak luput dari perhatian MRPTNI. Selanjutnya mereka juga membicarakan pembinaan dan pendidikan karakter, bidang hukum dan kebijakan dikti, bidang kewirausaan dan industri kreatif, bidang seni dan budaya, serta bidang vokasi.
 
Rapat juga dihadiri Plt. Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam dan Staf Ahli Menteri Riset Tehnologi/Badan Riset Inovasi Nasional, Ismunandar. Pada perwakilan universitas, tampak kehadiran Rektor Universitas Musamus Merauke, Philipus Betaubun, Rektor ITS Mochamad Ashari, Rektor Universitas Mulawarman, Mas Jaya, Rektor Universitas Khairun Ternate, Husain Ating.
 
Selain itu, hadir pula Rektor Universitas Udayana, Raka Dewi, Rektor Universitas Andalas, Yuliandri, Rektor Tanjungpura, Garuda Wiko, Rektor UPN Jakarta, Erna Herawati, dan Rektor Universitas Palangkaraya, Ande Elia. Sementara ada perwakilan dari UGM, Jagal, Universitas Cenderawasih, Apollo Safano, dari Unpad Nurlinda, Direktur Politeknik Negeri Batam, Eko Priyono dan Direktur Politeknik Elektronik Negeri Surabaya, Zainal.
 
“Rapat kerja yang berlangsung di UNS ini sangat diapresiasi oleh seluruh pimpinan PTN,” pungkas Jamal.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif