Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Video Sosialisasi Protokol Kesehatan Wajib Diputar Sebelum Pembelajaran

Pendidikan Virus Korona sekolah Kenormalan Baru
Ilham Pratama Putra • 11 September 2020 20:22
Jakarta: Ketua Sub Bidang Edukasi Perubahan Perilaku, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Harris Iskandar meminta video sosialisasi tentang memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M) jadi barang wajib sebelum satuan pendidikan memulai pembelajaran. Hal ini agar para insan pendidikan lebih sadar akan pentingnya 3M di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Agar di setiap awal kegiatan belajar mengajar, selalu sampaikan pesan 3M. menyajikan video satu sampai dua menit sekedar mengingatkan berulang-ulang agar masuk ke otak dan akan menjadi reflek," kata Harris dalam Bincang Sore Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat, 11 September 2020.
 
Dia mengakui, warga di satuan pendidikan memang harus diprioritaskan dalam memberi pemahaman 3M. Menurutnya, warga pendidikan bakal menjadi ujung tombak perubahan perilaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau komunitas pendidikan ini beres, berarti satu per tiga masalah negeri ini bisa selesai," kata Harris.
 
Baca:Perubahan Perilaku Bisa Tekan Penyebaran Covid-19 Hingga 85%
 
Dia menyebut, betapa pentingnya warga pendidikan paham konsep 3M. Sebab pengaruh warga pendidikan bisa berdampak sangat besar.
 
"Peserta didik ada 68 juta. Pendidik ada empat juta lebih. Itu saja sudah 72 juta lebih. Ditambah lagi dengan keluarganya ada 42 juta lebih. Insyaallah mereka akan jadi agen perubahan protokol kesehatan," sambung Harris.
 
Dengan jumlah massa sebanyak itu, pihaknya optimistis bakal menang melawan virus. Pihaknya bakal terus berkomitmen untuk membentuk kesadaran 3M.
 
"Melalui media, kampanye, webinar, lomba dan sayembara. Ini kegiatan sudah banyak on going. Dan saya lihat di Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) juga Kemenag (Kementerian Agama) sudah berjalan," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif