Ilustrasi anak SMK. DOK Kemendikbudristek
Ilustrasi anak SMK. DOK Kemendikbudristek

Pandemi Tak Ganggu Keterserapan Pelajar Vokasi untuk Magang

Ilham Pratama Putra • 18 Agustus 2022 10:51
Jakarta: Pandemi covid-19 telah mendisrupsi banyak hal. Salah satunya, stabilitas dunia usaha dan industri.
 
Bahkan, banyak industri harus berhenti beroperasi akibat pandemi. Tak jarang industri turut memangkas karyawan saat pandemi.
 
Namun, pandemi tak mengganggu keterserapan pelajar vokasi untuk magang. Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Kiki Yuliati menyebut terjadi peningkatan pelajar vokasi yang diterima magang di industri pada masa pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menariknya, malah naik loh," ujar Kiki kepada Medcom.id dalam wawancara khusus HUT ke-77 RI yang disiarkan di YouTube Medcom.id, Rabu, 17 Agustus 2022.
 
Kiki mengaku hal tersebut bisa terjadi karena pihaknya turut menekan industri agar memberikan peluang kepada pelajar vokasi. Bahkan, pihaknya menggedor pintu industri untuk menerima pelajar magang.
 
"Mungkin karena kami juga agresif ngetokin pintu industri itu. Yang kalau dulu kita bersurat ke tempat magang, kalau ini mah enggak kita datangin beneran, halo-halo, lalu kita undang untuk mendiskusikan bentuk magang seperti apa, kapan, berapa banyak," beber dia.
 
Kiki menyebut mahasiswa atau siswa magang merupakan keuntungan buat industri. Sebab, industri dapat memantau calon sumber daya manusia (SDM) berkualitas untuk direkrut kemudian hari.
 
"Industri itu juga dapat keuntungan karena bisa melihat calon-calon SDM. Bahkan ada yang mengatakan, 'Ibu, kami menemukan mutiara di pelosok negeri'. Jadi, perguruan tingginya tidak terkenal, ternyata mereka dapat siswa-siswa yang luar biasa," tutur dia.
 
Baca juga: Lulusan Vokasi Banyak Menganggur Karena Kesenjangan dengan Industri 

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif