Peserta Kompetisi Sains Nasional 2020. Foto: Dok. Kemendikbud
Peserta Kompetisi Sains Nasional 2020. Foto: Dok. Kemendikbud

30 Medali Diperebutkan dalam Kompetisi Sains Nasional 2020

Pendidikan inovasi Prestasi Pelajar Riset dan Penelitian
Citra Larasati • 17 Oktober 2020 16:39
Jakarta: Perhelatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA tahun 2020 secara virtual telah selesai dan ditutup pada Jumat, 16 Oktober 2020. Sebanyak 898 peserta perwakilan dari 34 provinsi telah mengikuti kompetisi selama tiga hari pada sembilan bidang sains yang dilombakan, yaitu Matematika Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Astronomi, Kebumian, Ekonomi dan Geografi.
 
Sebanyak 30 medali diperebutkan pada masing-masing bidang, terdiri dari lima medali emas, 10 medali perak dan 15 medali perunggu. Pada tahun ini selain penghargaan medali juga diberikan penghargaan-penghargaan lain, antara lainbest theory, best observation, best data analysis,gagasan bisnis terbaik, simulasi perdagangan terbaik, tes multimedia terbaik, dan test tertulis terbaik.
 
Staf Khusus Mendikbud Bidang Pembelajaran, Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan, di balik tema ini tersirat harapan agar para siswa dapat mencapai kompetensi tertinggi dalam bidang pilihannya. Tetap bersemangat dan berprestasi, tidak menyerah dalam situasi pandemi, sehingga ke depannya dapat mengepakkan sayap untuk dikenal luas dan menjadi milik dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kompetisi ini merupakan salah satu dari rangkaian kompetisi dalam bulan Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi, yang juga meliputi penyelenggaraan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI), Satria Data, Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI), Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK (Gemnastik), dan lain sebagainya.
 
“Di tengah-tengah pandemi tentu ini pengalaman yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun berkat upaya semua pihak akhirnya bisa direalisasikan walaupun menggunakan cara yang berbeda,” kata Hamid dalam keterangannya, Sabtu, 17 Oktober 2020.
 
Baca juga:Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA 2020 Resmi Dibuka
 
Menurutnya, ada hikmah besar di balik situasi pandemi ini bagi perkembangan sains, yang menjadi tantangan terbesar abad ini. Semangat dan pengalaman dalam mengikuti kompetisi sains di masa pandemi ini tentu akan menguatkan mimpi dan imajinasi hebat para peserta untuk menjadi bagian dari generasi pembaharu dan pemberi solusi sains untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di masa depan.
 
Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud, mengatakan, para peserta KSN merupakan talenta-talenta terbaik yang dimiliki bangsa. Para peserta diharapkan siap menopang kemandirian dan ketangguhan bangsa dengan penguasaan hebat di bidang Kecerdasan Buatan, Big Data, Internet of Think, Bioscience, dan energi.
 
"Iniakan menjadi jawaban atas tantangan perlindungan kemanusiaan menghadapi berbagai pandemi yang entah apa lagi yang akan muncul di masa depan,” terang Asep.
 
Penguasaan di bidang-bidang inilah di antaranya yang akan menentukan nasib kejayaan bangsa-bangsa di masa yang akan datang. "Indonesia berharap banyak pada kalian untuk itu, karena hari esok adalah hari ini, kalian talenta hebat Indonesia, “ imbuh Asep.
 
Para pemenang KSN akan mewakili Indonesia di ajang olimpiade sains internasional sesuai bidang masing-masing setelah sebelumnya akan mengikuti pembinaan. Sebelum secara resmi menutup KSN, Asep mengucapkan selamat dan penghargaan kepada seluruh peserta yang telah terpilih di antara 52 juta generasi milenial Indonesia.
 
“Kita bangga dan percaya bahwa prestasi yang sesungguhnya telah kalian bangun dengan megah, karena telah dimenangkan Tantangan Integritas dan Kejujuran dan Kalian Lulus Dengan Suma Cum laude: Jujur itu Juara,” kata Asep.
 
Seleksi KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat provinsi hingga nasional yang semuanya dilaksanakan secara daring. Untuk tahun ini, penyelenggaraan KSN secara umum mengusung tema “Melejitkan Talenta dan Prestasi Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi di Masa Pandemi.”

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif