Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Jepang Sediakan Beasiswa Kuliah S1 dan S2, Simak Penjelasannya

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 23 April 2021 11:44
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) Jepang menawarkan beasiswa bagi lulusan SMA maupun SMK/sederajat di Indonesia melanjutkan pendidikan Sarjana S1 di universitas negeri di Jepang. Masa Pendaftaran dimulai 19 April hingga 7 Mei 2021.
 
Pemerintah Jepang juga menawarkan kepada lulusan SMA dan SMK untuk langsung menerima beasiswa sesuai dengan minat program studi. Ada dua pilihan pendidikan untuk beasiswa ini.
 
Pertama, ke College of Technology (Koto Senmon Gakko). College of Technology adalah sekolah yang berfokus pada studi teknik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, ke pecialized Training College (Senshu Gakko). Specialized Training College adalah sekolah yang memberikan keahlian khusus di bidang tertentu, yang lulusannya diharapkan dapat mendukung beragam industri yang memiliki potensi berkembang tinggi di pasar dunia.
 
Baca: Posisi ke-64 di Dunia, ITS Kampus Terbaik di Indonesia
 
Pemerintah Jepang juga menyediakan beasiswa bagi mereka yang telah menyelesaikan studi S1. Beasiswa ini diberikan bagi mereka yang berada di program pascasarjana atau S2.
 
Namun beasiswa itu diberikan jika mahasiswa ingin menjadi mahasiswa peneliti atau research students. Research students adalah mahasiswa peneliti di bawah bimbingan profesor di Jepang yang melakukan penelitian di bidang keahlian masing-masing.
 
Setelah menyelesaikan pendaftaran, nantinya peserta akan mendapatkan pengumuman hasil seleksi dokumen pada 15 Juni 2021. Selanjutnya akan ada ujian tulis, wawancara yang akan digelar Juni hingga Juli.
 
Pengumuman final sendiri akan diberikan pada Januari 2022 dan para penerima beasiswa akan diberangkatkan ke Jepang sekitar April atau Oktober 2022. Untuk info lengkap peserta bisa mengakses laman berikut https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif