Chair G20 EdWG, Iwan Syahril. Foto: Zoom
Chair G20 EdWG, Iwan Syahril. Foto: Zoom

Delegasi Prancis Dukung Laporan EdWG G20 Dibawa ke PBB

Ilham Pratama Putra • 20 Mei 2022 14:17
Jakarta:  Ketua delegasi Prancis, Francois Parain mendukung inisiatif laporan EdWG G20 2022 untuk dibawa ke Transforming Edcuation Summi (TES) Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Menurutnya hal itu akan menjadi bagian penting untuk transformasi pendidikan.
 
"Kami pikir sangat penting untuk mencatat bahwa sistem pendidikan memainkan peran mendasar dalam vitalitas ekonomi dan korelasi sosial. Sehingga, kita bisa memiliki sesuatu yang menyuarakan solusi dalam menghadapi tantangan global di masa depan," ucap Francois dalam konferensi pers penutupan pertemuan kedia Education Working Group (EdWG) G20, di Bandung, 20 Mei 2022.
 
Kemendikbudristek akan membawa laporan Education Working Group G20 ke rangkaian sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kemendikbudristek akan mengirim pesan agar seluruh negara bergotong royong dalam memulihkan pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Suara di G20 akan dibawa ke pertemuan tranforming education summit yang diselenggarakan PBB di sidang umum PBB di bulan September 2022 ini," ujar Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril.
 
Iwan mengatakan, pihaknya ingin pertemuan G20 mampu menginspirasi lebih banyak negara untuk pemulihan pendidikan. Ia berharap suara kepemimpunan Indonesia akan mendapatkan perhatian dunia dan lebih banyak negara.
 
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan itu mengaku jika saat ini draf laporan EdWG G20 yang akan kita bawa ke tingkat dunia itu telah mendapatkan apresiasi positif. Bahkan kerangka kerja pemulihan pendidikan berdasarkan prinsip gotong royong mendapatkan porsi khusus di dalamnya.
 
Diketahui, pertemuan kedua EdWG G20 berlangsung selama dua hari. Yaitu pada 18 dan 19 Mei 2022 di Bandung.  Pertemuan yang dilakukan secara luring dan daring dari Kota Bandung, Jawa Barat itu telah membahas empat hal.
 
Baca juga:  Draf Laporan EdWG G20 Bakal Dibawa ke Transforming Education Summit PBB
 
Di antaranya inisiatif Kemendikbudristek untuk memperbaharui komitmen dunia di bidang pendidikan dalam pertemuan Konferensi Transformasi Pendidikan (Transforming Education Summit/TES) Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations/UN), agenda prioritas EdWG 20 yakni Pendidikan Berkualitas untuk Semua dan Teknologi Digital dalam Pendidikan, serta penyusunan laporan EdWG G20 dan draf deklarasi tingkat menteri pendidikan.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif