Ilustrasi (Medcom.id)
Ilustrasi (Medcom.id)

Papua Segera Punya Kampus Bertaraf Internasional, Bakal Jadi 'Harvard' Indonesia

Pendidikan pendidikan Papua Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Rendy Renuki H • 14 Februari 2022 20:45
Jakarta: Provinsi Papua dalam waktu dekat akan segera mempunyai kampus bertaraf internasional. Bahkan kampus yang dinamai Universitas Internasional Papua disebut akan menjadi saingan Harvard University di Amerika Serikat.
 
Hal itu setelah pemerintah pusat secara resmi melakukan serah terima Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek Nomor 24/E/O/2022 tentang izin pendirian dan peresmian Universitas Internasional Papua (UIP), Senin 14 Februari 2022.
 
SK yang telah diterbitkan sejak 17 Januari 2022 itu sebagai dukungan pemerintah terhadap sektor pendidikan dalam memajukan sumber daya manusia di Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar, menyebut kehadiran Universitas Internasional Papua memberikan angin segar bagi sektor pendidikan. Khususnya, pendidikan tinggi di Bumi Cenderawasih. 
 
"Hal ini tentu saja mendukung pemerintah pusat dalam mewujudkan Inpres Nomor 9 tahun 2020. Pada presentasi pengenalan profil kampus dalam acara tadi, saya optimistis universitas ini bisa menjadi 'Harvard' di Indonesia," kata Billy kepada media, Senin, 14 Februari 2022.
 
Nantinya, UIP disebut akan memiliki dua fakultas unggulan, yaitu sains dan teknologi serta keguruan dan ilmu pendidikan. Kampus itu juga difasilitasi dengan research center berskala Internasional untuk menunjang sarana pembelajaran mahasiswa.
 
"Saya mengajak seluruh civitas akademika Universitas Internasional Papua untuk berkontribusi. Saya yakin kampus ini akan menyumbangkan sumber daya manusia berkualitas unggul yang akan memajukan Tanah Papua dan membantu Indonesia mengejar bonus demografi di 2030 dan Indonesia Emas 2045," kata Billy.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif