Ilustrasi- pembeli melihat buku yang dijajakan di sebuah kios. ANT/Andreas Fitri.
Ilustrasi- pembeli melihat buku yang dijajakan di sebuah kios. ANT/Andreas Fitri.

Buku Bajakan Merambah Dunia Maya

Pendidikan buku
Kautsar Widya Prabowo • 11 September 2019 15:33
Jakarta: Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) mengatakan pembajakan buku masih menjadi momok bagi penerbit dan penulis. Buku bajakan tak cuma beredar di dunia nyata tapi juga dunia maya.
 
Ketua Umum IKAPI Rosidayati Rozalina mendapatkan banyak laporan dari penerbit atas pembajakan buku yang tidak lagi terbendung. Buku bajakan dijual bebas di dunia maya melalui toko daring.
 
"Pembajakan buku merubah dari konvensional ke cara lebih praktis ke marketplace. Penerbit melaporkan mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat pembajakan buku," kata Rosida di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu, 11 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


IKAPI telah bertemu dengan beberapa marketplace menekan penyebaran buku bajakan itu. Sayangnya, usaha itu tak berbuah maksimal.
 
IKAPI juga menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan HAM, dan Badan Ekonomi Kreatif menangani hal ini. Tapi, masalah itu belum ditangani dengan baik.
 
"Semua bergerak parsial, penerbit berupaya sendiri-sendiri, pembajakan masih berlangsung dan keluhan terus berdatangan," tuturnya.
 
IKAPI bersama Perkumpulan Reproduksi Cipta (PRCI) dan pemangku kepentingan terkait membentuk forum peduli hak cipta di bidang literasi. Langkah ini dinilai efektif meminimalisasi pembajakan buku.
 
Ketua PRCI Kartini mengatakan forum itu akan mengedukasi masyarakat menghargai karya cipta. Sosialisasi akan dilakukan di kalangan mahasiswa.
 
"Ke penerbit pencipta mereka punya hak (melaporkan pembajakan). Kepada pembaca, jangan baca buku bajakan, jadi jika gak punya buku lebih baik ke perpustakaan," pungkas Kartini.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif