Rektor UI, Muhammad Anis (kiri), Menkominfo, Rudiantara (tengah). Medcom.id/Intan Yunelia.
Rektor UI, Muhammad Anis (kiri), Menkominfo, Rudiantara (tengah). Medcom.id/Intan Yunelia.

Menkominfo Berharap Perguruan Tinggi Jadi Pionir Transformasi IT

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 14 Agustus 2019 15:33
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, perguruan tinggi harus berperan aktif dalam transformasi teknologi informasi di sektor ekonomi. Di tengah cepatnya perkembangan teknologi, perguruan tinggi harus memiliki persiapan yang lebih dini.
 
“Perguruan tinggi harus melihat perubahan-perubahan yang akan terjadi. Perguruan tinggi harus menjadi salah satu driver dari yang melakukan lompatan,” kata Rudiantara kepada Medcom.id usai menghadiri acara APARiSH 2019 dengan tema ‘Network Society: Continuity and Change’ di JS Luwansa Hotel, Jalan RS Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Menurutnya, perguruan tinggi harus berperan aktif dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki dampak luas kepada masyarakat. Salah satunya menginisiasi dan menjadi pelaku industri ekonomi digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jangan sampai kejadian dulu baru merespons. Tapi perguruan tinggi harus mengantisipasi kejadian, membuat dan mengusulkan kebijakan-kebijakan kepada pemerintah. Itu peran perguruan tinggi,” ujar Rudiantara.
 
Rudiantara menuturkan, saat ini masih bisa dihitung jari perguruan tinggi yang berperan dalam ekonomi digital. Perguruan tinggi lainnya diminta ikut berperan dalam mempersiapkan perubahan-perubahan digital yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.
 
“Ada perguruan tinggi yang sudah melakukan itu, tapi masih banyak yang sifatnya sebatas merespons terhadap kejadian, bukan mengantisipasi kemudian memitigasi risikonya dan mengusulkan perubahan yang terjadi,” tuturnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif