Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal

Mahasiswa Indonesia Aman di Wuhan

Hoaks Sempat Picu Kepanikan Mahasiswa di Wuhan

Pendidikan virus korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 28 Januari 2020 18:14
Jakarta: Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Beijing, Yaya Sutarya memastikan tidak ada mahasiswa Indonesia di Wuhan, Tiongkok yang terserang virus korona. Dia menyatakan seluruh mahasiswa Indonesia dalam kondisi aman dan sehat.
 
"Kami menyatakan bahwa semua mahasiswa dalam kondisi aman dan sehat. Mereka rata-rata tinggal di asrama dan selalu dalam pantauan kampus," kata Yaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Untuk itu pihaknya mengimbau agar keluarga mahasiswa yang berada di Indonesia tetap tenang. Keluarga diminta tidak terpengaruh berita bohong atau hoaks yang beredar di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena berita-berita yang tidak benar tersebut membuat WNI yang tinggal di dalam lokasi karantina stres dan sempat memicu kepanikan," tambah Yaya.
 
Pihak kampus, kata Yaya, juga telah melakukan tindakan pencegahan. Di antaranya memberikan masker, sabun cair, hingga termometer gratis kepada tiap mahasiswa.
 
Lebih lanjut, mengenai ketersediaan logistik untuk mahasiswa di Wuhan, Yaya menegaskan masih mencukupi hingga tujuh hari ke depan. Kalaupun menipis, masih ada supermarket yang aman untuk disambangi.
 
"Seandainyapun kekurangan dana, kami masih memiliki dana di Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) Wuhan yang bisa digunakan untuk berbelanja," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif