Kemenag Siapkan 100 Beasiswa untuk Pelajar Afganistan
Penandatanganan MoU antara Indonesia dan Afganistan di bidang pengembangan pendidikan Islam, Humas Kemenag.
Jakarta: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan memberikan beasiswa kepada 100 pelajar Afganistan untuk belajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia.  Beasiswa ini akan diberikan dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Afganistan menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan Islam antar kedua negara. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag, Kamaruddin Amin dengan Wakil Menteri Pendidikan Afganistan Abdul Tawab Balakarzai.


"Kita menyambut baik keinginan kerjasama dari pemerintah Afganistan terkait pendidikan tinggi Islam," kata Kamaruddin Amin dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu, 27 Juni 2018.

Menurutnya, Kemenag  mendukung kerja sama bidang Pendidikan Tinggi Islam antara  Afganistan dengan PTKIN. "Untuk tahap awal, sinergi ini akan diimplementasikan dalam bentuk pemberian beasiswa bagi empat mahasiswa S2 dan empat mahasiswa S3 dari Afganistan untuk belajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta," terangnya.

Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag,  Arskal Salim  menambahkan,  Kemenag akan memberi 100 beasiswa untuk pelajar Afganistan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.

Wakil Menteri Pendidikan Afganistan, Abdul Tawab Balakarzai mengaku. senang dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini. Dia berharap Nota Kesepahaman ini dapat segera terealisasi karena Pemerintah Afganistan juga pernah menjalin MoU dengan sejumlah negara, namun belum ada yang terealisasi.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id