NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Hafiz Alquran Bebas Biaya Pendidikan di UII

Pendidikan beasiswa beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 10 Maret 2020 17:57
Jakarta: Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memberikan beasiswa kuliah bagi siswa SMA sederajat penghafal Alquran atau Hafiz Alquran yang mempunyai kemampuan akademik tinggi. Beasiswa ini terbagi menjadi dua, yakni Beasiswa Hafiz Alquran 30 juz dan Beasiswa Hafiz Alquran 15 juz.
 
Dikutip dari laman UII, beasiswa ini mencakup beasiswa bebas biaya pendidikan, bebas Dana Catur Dharma. Sedangkan untuk Hafiz Alquran 30 juz mendapatkan tambahan bantuan biaya hidup sejumlah Rp450 ribu per bulan.
 
Beasiswa Hafiz Alquran UII diberikan kepada mahasiswa selama menempuh pendidikan program Sarjana paling lama sampai semester 8. Apabila mengambil program Diplomapaling lama sampai semester 6 secara berurutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai bentuk pertanggungjawaban akan dilaksanakan evaluasi setiap semesternya. Berupa evaluasi hafalan dan evaluasi akademik.
 
Untuk mendapatkan beasiswa ini pelamar harus mengikuti proses pendaftaran dan seleksi pada jalur Penelusuran Hafiz Alquran (PHA). Pendaftaran dapat dilakukan di laman https://pmb.uii.ac.id/pha. Dan jadwal seleksi
 
Beasiswa Hafiz Alquran mencakup tes hafalan dan wawancara, dan diselenggarakan bersamaan dengan pola seleksi PHA, yakni gelombang I pada 6 Maret 2019 Gelombang II pada 17 Juni 2019.
 
Untuk persyaratan dan berkas yang harus dipenuhi yakni dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru UII Tahun Akademik 2020/2021 melalui jalur seleksi Penelusuran Hafiz Alquran (PHA). Untuk beasiswa hafalan 15 Juz dan 30 Juz harus dibuktikan dari pengasuh atau mursyid.
 
Kemudian menyerahkan rekomendasi dari mursyid atau pengasuh dan telah lolos seleksi hafalan, serta seleksi wawancara yang dilaksanakan oleh Tim Penguji.
 
Adapun program studi (Prodi) yang dapat dipilih untuk Program Diploma 3(D3) yaitu Akuntansi, Analisis Kimia, Manajemen, Perbankan dan Keuangan. Untuk program Sarjana (S1) Akuntansi, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, Farmasi, Hubungan Internasional, Hukum, Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyyah), Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Komputer (Informatika), Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Psikologi, Kimia, Statistika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Rekayasa Tekstil.
 
Untuk kuota penerima Beasiswa Hafiz Alquran, UII menyediakan satu beasiswa untuk satu orang per program studi di UII.Persyaratan untuk mengikuti PHA sendiri peserta harus berstatus siswa SMA/K/MA sederajat tahun Akademik 2020/2021.
 
Khusus untuk lulusanPondok Pesantren Tahun Akademik 2019/2020 diperbolehkan mendaftar seleksi PHA, apabila telah/ sedang mengikuti program pengabdian di Pondok Pesantren dibuktikan dengan surat keterangan telah/sedang melakukan pengabdian.
 
Untuk kelengkapan berkas, fotokopi rapor yang dilegalisasi oleh sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 untuk skala nilai 1 – 10, minimal 70 untuk skala nilai 1 – 100, atau minimal 2,80 untuk skala 1-4. Kemudian sertifikat/syahadah hafalan Alquran 15 juz atau 20 juz. Formulir asesmen diri yang telah diisi lengkap, formulir dapat di unduh di laman UII https://pmb.uii.ac.id/unduh/.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif