NEWSTICKER
Penyemprotan disinfektan menggunakan drone di Malang, Jawa Timur. Foto: UMM/Humas.
Penyemprotan disinfektan menggunakan drone di Malang, Jawa Timur. Foto: UMM/Humas.

Drone Buatan UMM Semprot Disinfektan dari Udara

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Daviq Umar Al Faruq • 25 Maret 2020 09:09
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ikut andil dalam menekan laju penyebaran virus Korona (covid-19) di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Salah satunya dengan menurunkan dua unit pesawat tanpa awak (drone) khusus untuk menyemprotkan cairan disinfektan dari udara.
 
Drone buatan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang biasa digunakan untuk menyemprot hama di area persawahan ini diperbantukan untuk penyemprotan disinfektan di Kecamatan Dau, Malang, yang disinyalir berpotensi sebagai titik penyebaran virus korona, Selasa 24 Maret 2020.
 
Rektor UMM, Fauzan menyampaikan, aksi ini merupakan kerja bersama dari beberapa elemen dan Satgas Covid-19 yang dibentuk oleh Bupati Malang dan Danrem 083/Baladhika Jaya. UMM mempunyai fasilitas drone yang bisa menyemprotkan disinfektan untuk meminimalisir meluasnya penyebaran virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apa yang di lakukan oleh UMM merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat," katanya.
 
Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin mengatakan, drone ini menyemprotkan disinfektan di kawasan perkampungan dan di sepanjang Jalan Sengkaling-Dau. Penggunaan drone untuk penyemprotan disinfektan ini dinilai efektif dilakukan di area perkampungan yang padat penduduk.
 
Sebab dengan drone, area yang sulit dijangkau bisa diakses dengan mudah.
 
"Ini memang sebenarnya untuk pertanian, tapi semua resource harus kita kerahkan, kita berkejaran dengan waktu, untuk menekan jumlah korban, cara apapun kita lakukan," ujar dia.
 
Zainuddin pun mengklaim, penyemprotan disinfektan ini merupakan untuk pertama kali di lakukan di wilayahnya. Pemanfaatan drone ini ke depannya akan terus dilakukan hingga kondisi wabah virus korona telah dinyatakan tuntas sepenuhnya oleh pemerintah pusat.
 
"Saya terima kasih kepada teman-teman dan drone Universitas UMM. Kami tetap berkerja untuk anda, anda di rumah untuk semua tularkan pedulinya jangan virusnya," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif