NEWSTICKER
Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Kemendikbud), Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi (Kemendikbud), Nizam. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Kemendikbud Siapkan Asrama untuk Karantina Pasien Covid-19

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 23 Maret 2020 13:00
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkanseluruh fasilitas asrama di bawah Kemdikbud untuk menjadi asrama karantina bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
 
Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam mengatakan fasilitas asrama tersebut di antaranya yang berada di LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) dan P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) di seluruh Indonesia.
 
"Total kapasitas 18.000 bed," kata Nizam kepada wartawan, di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu Kemendikbud juga tengah menyiapkan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) untuk bisa menangani pasien positif covid-19. "13 RSP juga sudah disetujui Kemenkes untuk menangani pasien positif covid-19," kata Nizam.
 
Baca juga:26 Kampus Dapat Lampu Hijau untuk Lakukan Tes Covid-19
 
Upaya lain yang dilakukan Kemendikbud untuk membantu penanganan wabah Korona juga dilakukan dengan menyiapkan relawan untuk membantu mengatasi pandemik ini.
 
"Relawan mahasiswa tugas utamanya untuk KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi), misal di call center, tracking, screening, dan lainnya. Tidak menangani pasien langsung. Kalau pun harus berhubungan dengan orang yang diduga terjangkit covid-19 wajib memakai APD (Alat Pelindung Diri). Tidak boleh relawan terjun ke lapangan tanpa APD," tegas Nizam.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif