Webinar Heartline Network
Webinar Heartline Network

PJJ Menyadarkan Pentingnya Peran Orang Tua Membimbing Anak Belajar

Pendidikan Pembelajaran Daring Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 14 Mei 2020 15:24
Jakarta: Pengamat Pendidikan Center for Education Regulations and Development Analysis (Cerdas), Indra Charismiadji, menyebut sistem pendidikan Indonesia telah banyak melenceng. Terutama, dari pemaknaan yang dipegang oleh bapak pendidikan, Ki Hajar Dewantara.
 
"Ki Hajar Dewantara bilang ada tiga sentra pendidikan. Yaitu rumah, sekolah, masyarakat. Kita di rumah itu tidak ada," kata Indra dalam webinar heartline network, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Menurutnya, banyak orang tua yang hilang kesadaran jika pendidikan di rumah sangat penting. Hal ini dikarenakan orang tua merasa sekolah punya tanggung jawab sepenuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena mindset kita semua serahkan ke sekolah, guru, kita serahkan ke bimbel, ke guru les, yang penting saya bayar," ujarnya.
 
Padahal kata Indra, rumah, sekolah dan masyarakat merupakan kesatuan yang harus berjalan bersamaan. Menurutnya pada masa pandemi ini orang tua harus sadar peran mereka terhadap pendidikan anak.
 
Baca:Praktisi Pendidikan: Banyak Guru Gaptek
 
Sementara itu Psikolog Anak, Seto Mulyadi atau kak Seto juga mengingatkan orang tua memilki peran penting pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini. Orang tua harus sadar kalau dirinyalah guru pertama bagi anak di dunia.
 
"Guru yang pertama, dan utama adalah orang tua itu sendiri yang di rumah," jelas Seto.
 
Dia berharap pada masa PJJ ini orang tua bisa menciptakan metode belajar yang baik di rumah. Anak harus mendapatkan rasa nyaman dan bisa berkembang dari rumah.
 
"Suasananya harus penuh persahabatan. Belajar yang menyenangkan adalah hak mereka," tutup Seto.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif