Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ini Perbedaan Plagiasi di Era Digital

Ilham Pratama Putra • 27 April 2021 12:14
Jakarta: Plagiasi atau meniru karya tulis ilmiah nyatanya telah berlangsung sejak lama. Namun, jika dibandingkan dengan saat ini, kegiatan plagiasi semakin dimudahkan oleh teknologi.
 
Direktur Pendidikan VOX Populi Institute Indonesia, Indra Charismiadji membeberkan perbedaan plagiasi zaman dulu dan era digital. Sebelum masuk era digital, kegiatan meniru karya tulis butuh upaya yang lebih keras.
 
"Kalau kita bicara plagiat di era non digital, minimal kita harus baca bukunya dulu, kita lihat tulisan aslinya dulu," ujar Indra dalam Webinar Plagiarism dan Wajah Masa Depan Dunia Akademik Fakultas Hukum Universitas Mataram, Selasa, 27 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbeda dengan sekarang. Indra mengatakan para penulis karya ilmiah saat ini tinggal melakukan pencarian di internet.
 
"Kalau sekarang kita cukup search dulu di google, kita bisa copy paste apapun yang mau kita ambil," sebut dia.
 
Baca: Telkom University Kembali Sediakan Beasiswa Bagi Penghafal Alquran
 
Indra menegaskan plagiasi dalam bentuk apa pun harus dicegah. Makanya, peran tenaga pendidik dalam membimbing para peserta didiknya menjadi penting. Peran tenaga pendidik yang pertama adalah mengenalkan bentuk plagiat itu sendiri. Kemudian, diarahkan agar mampu membentuk satu karya yang original.
 
Indra pun menyebut ada beberapa hal yang harus dipersiapkan tenaga pendidik dalam membimbing peserta didiknya agar terhindar dari kegiatan plagiasi. Mulai dari membentuk kecakapan berbahasa hingga memilih kosa kata.
 
"Tata bahasanya, pemikirannya, argumentasinya, parafrasenya. Lalu keterampilan mengutipnya, juga literasi informasi, manajemen waktu juga menjadi penting," terang Indra.
 
Dengan begitu, dia berharap hasil karya peserta didik akan mengarah pada bentuk yang original. "Bagaimana mereka nanti bisa menyikapi apa yang disebut plagiat atau tidak. Di situlah fungsi seorang pendidik," jelas dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif