Ilustrasi perempuan. DOK Lampost
Ilustrasi perempuan. DOK Lampost

Bangga! 5 Tokoh Wanita Inspiratif Indonesia Masa Kini

Pendidikan Sri Mulyani tokoh Perempuan dian sastro susi pudjiastuti
Medcom • 20 April 2022 20:08
Jakarta: RA Kartini merupakan salah satu tokoh wanita inspiratif Indonesia. Namanya dikenang setiap tahun berkat semangatnya memperjuangkan emansipasi wanita.
 
Tak berhenti di masa lampau, emansipasi terus dilanjutkan oleh wanita-wanita Indonesia dari berbagai generasi hingga saat ini. Melansir Cakap, setidaknya ada lima wanita hebat yang patut dijadikan inspirasi berkat sederet prestasi dan pencapaiannya.
 
Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut pembahasannya:

1. Sri Mulyani Indrawati

Kembali ditunjuk sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani berhasil membawa banyak perubahan bagi sistem perpajakan di Indonesia. Berkat terbentuknya surat pemberitahuan pajak via online, orang-orang jadi rajin membayar pajak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pencapaian ini sukses membawa nama Ani masuk ke deretan wanita inspiratif versi majalah Forbes pada 2019. Hal ini membuktikan jabatan yang diembannya berhasil menjadi tangga untuk memperjuangkan kesetaraan gender.

2. Susi Pudjiastuti

Meski hanya lulusan SMP, Susi Pudjiastuti mampu menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019. Ketegasan dan kecerdasannya di sektor kelautan Indonesia membuat ia dinobatkan sebagai wanita inspiratif oleh BBC pada 2017.
 
Selama masa jabatannya, Susi berhasil menangani pencuri ikan ilegal, bahkan berani menenggelamkan kapal asing yang datang ke perairan Indonesia. Selain itu, dia juga menegaskan larangan pukat untuk menangkap ikan.

3. Angkie Yudistia

Sebagai seorang yang tuli, Angkie Yudistia berhasil ditunjuk menjadi Staf Kepresidenan Jokowi periode 2019-2024. Partisipasinya dalam meningkatkan kesetaraan sosial untuk kaum disabilitas diwujudkan lewat pembangunan Thisable Enterprise.
 
Selaku penemu dan CEO, Angkie berharap organisasi tersebut dapat menjadi wadah pengelolaan sumber daya manusia, baik dari kaum disabilitas maupun tidak.

4. Najwa Shihab

Nana, sapaan akrab Najwa, merupakan sosok wanita tegas yang terkenal kerap melontarkan pertanyaan kritis di layar kaca. Tak cuma di televisi, Nana terus menyalurkan ide dan semangatnya melalui YouTube. Dia mengembangkan akun Narasi TV dan tetap berkarya lewat platform tersebut.

5. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo yang terkenal sebagai seorang bintang film, mampu menuangkan emansipasinya terhadap perfilman Indonesia. Dia pernah menjadi juri festival film internasional Macau yang diselenggarakan di Macau, Cina. Namanya bahkan ditorehkan dalam deretan Inspiring Women versi majalah Forbes tahun 2016.
 
Itulah lima tokoh wanita inspiratif Indonesia masa kini. Semoga prestasi dan pencapain mereka senantiasa menginspirasi Sobat Medcom untuk terus berkarya dan menyuarakan emansipasi wanita di tengah era digital. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Sambut Hari Kartini, Ini 5 Rekomendasi Film dengan Tokoh Perempuan Inspiratif di Disney Plus Hotstar
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif