Informasi webinar Untag. Dokumentasi @dvircation
Informasi webinar Untag. Dokumentasi @dvircation

Webinar Communilogy Untag

19 Juni, Untag Gelar Webinar Tentang Mengelola Stres saat Pandemi

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Medcom • 15 Juni 2020 10:39
Surabaya: Salah satu dampak pandemi virus korona (covid-19) yakni mempengaruhi keadaan psikologis masyarakat seperti munculnya rasa takut dan cemas, yang tak jarang berujung gangguan stres berlebihan. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) pun menginisiasi webinar yang membahas tentang mengelola stres saat pandemi.
 
"Pengelolaan stres saat pandemi sangatlah penting, karena dengan strees yang terjaga kesehatan, tubuh pun akan terjaga," kata dosen Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya, Merry Fridha T. Palupi, melalui siaran pers, Senin, 15 juni 2020.
 
Webinar ini bakal digelar melalui Zoom Cloud Meetings, pada 19 Juni 2020, pukul 15.00 – 17.00 WIB. Merry jadi salah satu pemateri seminar berbasis web ini. Ia akan memaparkan bagaimana peran komunikasi dalam pengelolaan stres, serta mengkaji seberapa efektif pengaruh komunikasi ketika stres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemateri lainnya yakni Pakar Mindfullness dan Emotional Healing, Adjie Santosoputro. Adjie akan memaparkan tentang mindfullness dan emotional healing yang berkaitan dengan mengelola stres di masa pandemi.
 
Panitia acara yang tergabung dalam D’Vircation ini menamai kegiatan tersebut sebagai Communilogy, yang berasal dari gabungan kata communication dan psychology. Pada dasarnya, kata dia, komunikasi dan psikologi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan.
 
"Peran komunikasi saat ini dinilai efektif dalam cara pengelolahan stresyang dialami masyarakat, adanya stres dapat mempengaruhi cara berkomunikasi," ujarnya.
 
Baca:IPB dan UI Berkolaborasi Bentuk Prodi Diplomasi Lingkungan
 
Kegiatan ini digelar merujuk tingginya kasus covid-19 di Kota Surabaya. Pemerintah memang telah melakukan berbagai cara dalam menangani masalah ini, seperti diberlakukannya Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pelayanan publik menggunakan media daring, dan mengembangkan bilik strerilisasi yang ditempatkan di tempat umum.
 
Diskusi berbasis web ini jadi salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan psikologi masyarakat di tengah pandemi. Seminar diharapkan bisa membantu masyarakat agar tidak stres menghadapi pandemi.
 
Kegiatan ini didukung Mc Surabaya Event dan Style Pride Mjkt. Kegiatan juga bekerja sama dengan Media Partner Himakom Untag, BEM Fisip Untag, Bempsi Untag, Fokus Untag, Box radio 17, Dimensi, Kotag Tv, Event Mahasiswa Surabaya, Event Jawa Timur, Event Surabaya, Event Pelajar, Event Suroboyo, Hipwee, dan Event Kampus. Medcom.id turut menjadi media partner seminar berbasis web ini.
 
Kegiatan Communilogy tidak dipungut biaya, namun kuota peserta terbatas. Para peserta yang ingin mengikuti dapat mengisi form pendaftaran yang tertera di link bio Instagram @dvircation. Batas pendaftaran berakhir pada 15 Juni 2020, dan akan ada info selanjutnya dari panitia D’Vircation.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif