diskusi panel Konferensi Pendidikan Indonesia, Sabtu, 30/112019. Foto: Sri Yanti Nainggolan
diskusi panel Konferensi Pendidikan Indonesia, Sabtu, 30/112019. Foto: Sri Yanti Nainggolan

Alasan Anggaran Pendidikan Terus Melonjak

Pendidikan Anggaran Pendidikan
Sri Yanti Nainggolan • 30 November 2019 16:24
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa sektor pendidikan dirasakan penting sejak masa Reformasi. Makanya, pemerintah meningkatkan anggaran pendidikan secara signifikan.
 
"Pas Reformasi, Indonesia kesal dengan kualitas pendidikan. Tahun 1997-1998 krisis ekonomi dan kita rasa pendidikan kita jelek banget," kata Sri Mulyani dalam diskusi panel Konferensi Pendidikan Indonesia, Sabtu, 30 November 2019.
 
Ia menuturkan anggaran pendidikan ditingkatkan menjadi 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurut Sri Mulyani, dirinya menteri pertama yang mendapat mandat tersebut. Ia mengaku sempat bingung menyalurkan anggaran pendidikan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekolah rusak Rp37 triliun, kita anggarkan semua. Masih lebih, kita buat untuk tunjangan profesi guru. Guru nonnegeri pun dibayar," ujar diaa.
 
Selain penambahan anggaran, perubahan signifikan lainnya adalah sistem desentralisasi dalam pendidikan. Tujuannya, supaya negara hadir dan lebih responsif karena lebih dekat dengan masyarakat.
 
Sri Mulyani juga menyinggung program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah. Program itu disalurkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan berujung pada sekolah langsung.
 
Ia kemudian membandingkannya dengan saat ini. Dari anggaran total Rp507 triliun, sebesar Rp200 triliun digunakan untuk membayar guru, termasuk gaji, tunjangan guru, dan sertifikasi guru. Jumlah itu dibagi untuk 540 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
 
"Artinya Bantuan Operasional Sekolah memakan hampir 80 persen dari anggaran. Sisanya baru dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," tambah dia.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif