ilustrasi.  Foto:  Istimewa.
ilustrasi. Foto: Istimewa.

Bahas Gaji, Pengangkatan Guru Honorer Harus Jalan Terus

Pendidikan guru Kebutuhan Guru
Anggi Tondi Martaon • 15 Oktober 2019 16:22
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajukan dua skema pembayaran gaji guru honorer kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yaitu setara Upah Minimum Regional (UMR) atau gaji PNS Nol Tahun. Dengan skema tersebut diharapkan dapat memberikan kepastian jumlah gaji yang diterima oleh tenaga pendidik nonPNS itu.
 
Menanggapi wacana tersebut, Anggota DPR Herman Khaeron menyerahkan sepenuhnya pembahasan tersebut kepada pemerintah. Namun ia mengingatkan, agar wacana penggajian yang layak tersebut tidak memupuskan impian mereka untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).
 
"Pengabdian mereka selama ini harapanya bisa menjadi pegawai ASN," kata Herman kepada Medcom.id saat dihubungi, Selasa, 15 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Demokrat itu tidak mau berkomentar lebih banyak ketika disodorkan skema mana yang dinilai paling menguntungkan honorer. Dia hanya menyarankan agar pembayaran gaji mengikuti skema yang sudah diatur dalam Undang Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
 
Namun, kendalanya dalam aturan tersebut tidak diatur mengenai pembayaran gaji guru honorer. Selain itu, pengangkatan PNS dan PPPK dilakukan secara bertahap, mengingat jumlah guru honorer mencapai sekitar 735 ribu orang.
 
"Kalau pemerintah memiliki opsi dan kebijakan lain silakan, kami tetap berpandangan bahwa mereka (segera diangkat) jadi PNS atau PPPK," ungkap dia.
 
Oleh karena itu, Herman pun berharap agar permasalahan guru honorer bisa diselesaikan secara bertahap. Di luar itu, ia juga meminta agar tidak ada lagi rekrutmen tenaga pendidik melalui jalur honorer.
 
"Harus pakai perencanaan yang terukur dan pasti, sehingga kebutuhan tenaga guru tidak ada lagi skema honorer," ujar dia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif