Jumpa pers pengukuhan tiga guru besar UNS.  Foto: UNS/Humas
Jumpa pers pengukuhan tiga guru besar UNS. Foto: UNS/Humas

UNS Bakal Kukuhkan Tiga Guru Besar Besok

Pendidikan Pendidikan Tinggi Guru Besar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Januari 2020 14:06
Jakarta: Setelah pekan lalu Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan dua guru besar baru, kini UNS kembali menambah tiga guru besar. Ketiga guru besar baru ini berasal dari tiga fakultas yang berbeda, mulai dari Fakultas Ilmu Budaya, FKIP, hingga Fakultas MIPA.
 
Ketiga Guru Besar tersebut yaitu Prof. Dra. Diah Kristina, M.A. Ph.D. yang merupakan Guru Besar Bidang Ilmu English for Specific Purposes (ESP) pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Prof. Dr. Eddy Heraldy, M.Si. merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Kimia pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Prof. Dr. Drs. Mulyanto, M.Pd. merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Seni Rupa Luar Sekolah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
 
Sidang pengukuhan guru besar akan digelar pada Selasa 21 Januari 2020 di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS. Diah Kristina merupakan Guru Besar ke-24 FIB dan ke-213 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Penciptaan “Verbal Branding” Produk dan Jasa Berperspektif English For Specific Purposes (ESP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diah mengatakan, dalam penelitiannya tentang bahasa Inggris untuk promosi destinasi wisata secara online di Jawa Tengah, menemukan fakta bahwa mayoritas narasi promosional tersebut masih bersifat deskriptif dan informatif. Tampak jelas kurangnya variasi dan kreativitas bernarasi dalam bahasa Inggris.
 
"Sangat jarang ditemukan kalimat majemuk dan kalimat kompleks, rata-rata content writer lebih menyukai konstruksi kalimat pendek dan sederhana," kata Diah.
 
Narasi berbahasa Inggris lebih banyak difokuskan pada kondisi geografis, keindahan alam, dan latar belakang kesejarahan objek wisata. Padahal informasi semacam itu sebenarnya sudah banyak tersebar di berbagai sumber informasi seperti Wikipedia, Google search engine, dan buku panduan wisata lainnya.
 
“Idealnya narasi promosi berisi ajakan yang bersifat menggerakkan dan memengaruhi pembaca agar mengunjungi destinasi wisata yang dipromosikan,” kata Diah.
 
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat seharusnya menjadikan promosi produk dan jasa berbahasa Inggris lebih leluasa menembus jarak, ruang dan waktu. Dengan lebih dari separuh penduduk bumi menggunakan akses internet, peluang berpromosi terbuka lebar.
 
Persoalannya, menurut Diah, adalah narasi berbahasa Inggris sebagai verbal branding belum digarap secara serius. Dengan mempertimbangkan tujuan bernarasi, kebutuhan khalayak internal dan khalayak eksternal, value (nilai) yang ingin ditonjolkan secara masif dan konsisten, manfaat yang dijanjikan pada pembeli, maka branding yang kuat dapat dibuat.
 
Sementara itu, Prof. Dr. H. Eddy Heraldy, M.Si. yang merupakan Guru Besar ke-17 FMIPA dan ke-214 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul “Pemanfaatan Limbah Operasional Pembangkitan Listrik Tenaga Uap untuk Pembangunan yang berkelanjutan”.
 
“Saya memilih judul pidato ini didasari dari kenyataan bahwa pemerintah sampai dengan tahun 2028 masih mengandalkan Pembangkitan Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batubara sebagai alternatif utama untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat,” ujar Eddy.
 
Selain itu, tema ini diangkat dalam rangka untuk membantu menguatkan perwujudan harmonisasi pengelolaan lingkungan selama kegiatan operasional PLTU. Judul pidato ini juga terkait dengan beberapa tema penelitian yang telah dan sedang Eddy lakukan selama ini, yakni tentang pemanfaatan limbah operasional PLTU menjadi material hydrotalcite-like yang telah dimulai sejak tahun 2005 hingga sekarang.
 
Selian itu juga penelitian tentang sintesis struvite serta riset tentang pembuatan zeolit W atau Merlinoite-like. Dari riset tentang pemanfaatan limbah operasional PLTU, Eddy telah menghasilkan satu buah paten bersertifikat dengan nomor sertifikat Paten No. IDP000042132 tentang Pembuatan Senyawa Hydrotalcite-like dari Brine Water untuk Katalis Transesterifikasi Minyak Sawit menjadi Biodiesel.
 
Selain itu satu artikel yang berjudul Preparation of struvite from desalination waste termuat dalam Journal of Environmental Chemical Engineering terbitan Elsevier (Jurnal Q1) yang terindeks Scopus. "Selain itu, lebih dari lima artikel yang termuat dalam jurnal/prosiding internasional terindeks Scopus dan jurnal nasional terakreditasi,” imbuhnya.
 
Sedangkan Prof. Dr. Drs. Mulyanto, M.Pd. yang merupakan Guru Besar ke-63 dan ke-215 UNS akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul Model Pelatihan Pengembangan Desain Batik pada Usaha Kecil Menengah.Mulyanto menyampaikan, model pelatihan pengembangan desain motif batik di usaha kecil menengah yang ditawarkan terdiri atas empat tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan pengrajin, perencanaan program pelatihan, perencanaan sarana dan prasarana kerja, dan proses pelaksanaan kegiatan pelatihan.
 
“Proses pelaksanaan pelatihan perlu didukung oleh fasilitator yang relevan dan produk yang dihasilkan harus mengacu pada konsumen, sehingga dihasilkan produk dan dampak yang diharapkan,” terang Mulyanto.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif